Densus 88 Ciduk Dua Warga Karanganyar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Detasemen khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri meringkus dua warga Desa Jatikuwung, Gondangrejo, EM (41) dan S (34) di tempat berbeda pada Minggu (04/02/2018). S diamankan usai salat zuhur di Masjid al Jamil Dusun Winong, Jatikuwung sedangkan EM di pasar sapi, Kliwonan, Nogosari, Kabupaten Boyolali. Keduanya ditangkap pada waktu bersamaan. 

Informasi yang dihimpun, polisi memasukkan para terduga ke sebuah mobil lalu melesat pergi. Pergerakan keduanya telah diintai sejak beberapa hari terakhir. Dalam kasusnya, mereka diduga terlibat teror bom rakitan yang meledak di bengkel ban vulkanisir Jalan Solo-Purwodadi KM 18, Gemolong, Sragen pada Januari 2017. Usai penangkapan keduanya, Densus bersama tim Inafis Polres Karanganyar menggeledah rumah terduga. Rumah keduanya berjarak sekitar 500 meter. 

Kepala Desa Jatikuwung, Heri Putranto mengaku diminta menyaksikan proses penggeledahan di rumah dua warganya itu. Di dalam rumah, polisi menyita sejumlah benda antara lain ponsel, kaus lengan panjang, sepatu, tas ransel, dokumen dan sebagainya. Penggeledahan itu disaksikan istri dan anak terduga teroris. "Usai penggeledahan, keluarganya diminta tanda tangan. Lalu barang-barangnya dibawa polisi ke dalam mobil," katanya. 

Heri sebatas tahu EM dan S warganya. Namun, pekerjaan sehari-hari kurang paham. Setahu dia, S menjual barang-barang bek7as yang dikumpulkannya. Sedangkan EM, ia tak tahu menahu apa mata pencehariaannya. "Dengar-dengar mereka memang diawasi polisi. Tapi kesalahannya apa, saya enggak tahu," katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI