Dibawa ke Bulak Sawah, Pelajar Jadi korban Perampasan Motor

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com- Kasus kejahatan jalanan modus perampasan sepeda motor, kembali diungkap polisi dengan menangkap pelaku. Kali ini Unit Reskrim Polsek Ngemplak mengamankan seorang pemuda berinisial AP alias Kebo (23) warga Ngemplak Sleman.

Bersama temannya berinisial R alias Kenyot (23) warga Mantrijeron Yogya, kedua pemuda itu merampas motor seorang pelajar. Saat ini, Kenyot ditahan di Polsek Imogiri karena sebelum kasus perampasan di Ngemplak terungkap, R kedapatan membawa senjata tajam. “Tersangka Kenyot ditahan di Polsek Imogiri dalam kasus sajam, namun ia juga terlibat kasus perampasan sepeda motor dan HP yang perkaranya sedang kita tangani,” ungkap Kapolsek Ngemplak AKP Endar Isnianto didampingi Kanit Reskrim Iptu Sutriyono, Rabu (29/9/2021).

Kapolsek menjelaskan, terungkapnya kasus itu hasil penyelidikan terkait kasus curas yang menimpa Tegar (15) warga Sleman, Sabtu (14/8) lalu. Saat melintas di Rogobangsan Ngemplak Sleman sekitar pukul 04.30, korban dipepet oleh kedua pelaku yang berboncengan motor. Salah satu pelaku turun kemudian mengambil alih kemudia motor Honda Vario AB 5905 WZ yang dikendarai korban.

Pelaku kemudian memboncengkan korban dan dibawa ke bulak sawah di Jalan Jangkang, Karanganyar Widodomartani, Ngemplak Sleman. Korban dipukul dan ditinggal pergi oleh pelaku dengan membawa sepeda motor dan HP milik pelajar SMP tersebut. Hasil penyelidikan dengan mengumpulkan informasi dan CCTV di sekitar TKP, petugas mendapati informasi tentang ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang digunakan. Tersangka AP berhasil ditangkap di Klaten, kemudian dari pengakuan pemuda itu, ia mengaku beraksi bersama Kenyot.

“Setelah dikroscek, ternyata tersangka Kenyot ini sudah diamankan Polsek Imogiri dalam kasus lain. Jadi sesaat setelah beraksi di Ngemplak, ia mengalami kecelakaan, kemudian ditahan karena kedapatan sajam. Tersangka Kenyot merupakan residivis yang sudah dua kali berurusan dengan hukum karena terlibat kasus pencurian dengan kekerasan,” ujar Kapolsek.

AKP Endar menambahkan, sebelum merampas motor korban, kedua pelaku sengaja putar-putar mengendarai motor untuk cari sasaran ayam milik warga. Saat akan mencari sasaran, keduanya disalip oleh korban yang saat itu akan menjemput saudaranya di Prambanan. Setelah itu korban dikejar, sepeda motor dipepet dan kemudi diambil alih. Korban dibonceng dibawa ke tempat sepi kemudian dipukul dan motor serta HP dibawa kabur. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI