Dua Pelaku Curanmor Ini Ditembak Polisi

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Dua tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor, Dah alias Kosel (37) warga Ngemplak Kandangan dan Sar alias Togog (29) warga Morobongo Jumo Temanggung ditembak polisi karena melarikan diri saat hendak ditangkap dalam suatu operasi penangkapan.

Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti Senin (15/8/2016) mengatakan polisi berhasil menangkap dua tersangka pencurian sepeda motor dalam sebuah operasi kemarin malam. "Dua tersangka melarikan diri saat hendak ditangkap. Petugas terpaksa melumpuhkannya," katanya.

Dikatakan dari tersangka petugas mengamankan sejumlah barang bukti kejahatan yakni satu honda Vario tahun 2015 dan Yamaha Vega biru AA-6968-YE tahun 2007.

Disampaikan salah satu tindak pencurian dilakukan di rumah Budiyanto warga Dusun kauman Utara Desa Muntung Kecamatan Candiroto, Jumat (7/8/2016) sekitar pukul 18.00 WIB. Mereka mencuri sepeda motor vega yang diparkir di halaman rumah dengan menggunakan Kunci T untuk dijual pada penadah.

"Korban merugi sekitar Rp 5 juta atas kejadian itu. Polisi yang mendapat laporan lantas mengejar dan berhasil ditemukan Minggu," katanya.

Dia menyampaikan petugas tengah mengembangkan kasus tersebut sebab bukan tidak mungkin terkait jaringan pencurian kendaraan bermotor lintas kota dan provinsi.

Dia mengatakan dua tersangka telah mengakui perbuatannya dan padanya petugas menjerat dengan pasal 363 KUHP dengan masa hukuman 7 tahun penjara.

Dua tersangka Togog mengatakan mencuri untuk kebutuhan hidup. Sepeda motor dijual pada petani di pedesaan untuk mengangkut rumput, benih, pupuk, kayu dan kebutuhan lain. Mereka ini tidak membutuhkan surat-surat kendaraan sebab yang terpenting kendaraan dapat berjalan. " Satu sepeda motor harganya Rp 1,2 juta, lantas dibagi berdua.

Korban Budiyano mengatakan pada hari kejadian motor dibawa Tia, anaknya. Saat ditinggal salat Maghrib diambil pencuri. "Mereka cepat dalam tiap aksinya," katanya. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI