Dua Pelaku Spesialis Curat Diringkus

Editor: Ivan Aditya

SOLO (KRjogja.com) – Setelah sempat kabur, dua orang tersangka spesialis pencurian dengan pemberatan (curat) RK (23) warga Kampung Sawahan RT.05/RW.21 Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo dan EJ (22) warga Dusun Kesono RT.03/RW.02 Mojolaban, Sukoharjo diringkus Polisi, Selasa (27/09/2016).

Kanit Reskrim Polsek Serengan, AKP Suyono mengatakan, kejadian pencurian bermula pada saat korban, Hany Rachamawati warga Sumber, Banjarsari tertidur dan lupa mengunci pintu rumah. Pelaku RK masuk ke dalam tempat kos tersebut dan mengambil barang berupa empat ponsel, Playstation 2, serta uang tunai senilai Rp 6 juta, sementara pelaku EJ bertugas menjaga di luar.

“Korban mengalami kerugian senilai Rp10 juta akibat pencurian tersebut. Kami berhasil menangkap pelaku tiga hari kemudian setelah kejadian,” ujar Suyono di Mapolsek Serengan.

Suyono mengatakan pelaku dapat ditangkap Polisi setelah meminta bantuan tim dari ahli informasi teknologi (IT). Pengungkapan kasus itu bermula dari melacak nomor identitas pada perangkat telepon seluler (IMEI) Samsung yang di curi oleh pelaku.

Polisi kemudian memancing RK untuk bertemu di suatu tempat sehingga akhirnya keduanya berhasil ditangkap di pinggir jalan. Sementara itu EJ ditangkap di rumahnya di Mojolaban. “Kedua pelaku curat dikenai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Kepada petugas, RK mengaku nekat mencuri karena butuh uang banyak untuk membayar utang. Semua barang hasil curian belum sempat dijual, sementara uang tunai senilai Rp 6 juta sudah habis untuk melunasi angsuran pembelian sepeda motor. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI