Edan! Dua Pelajar Gasak Perangkat E-KTP Disdukcapil

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dua orang pelajar sebuah SMK swasta di Kabupaten Purworejo DAF (17) warga Kelurahan Cangkrep Lor dan WSW (17) warga Kelurahan Kedungsari keduanya di Kecamatan Purworejo berhasil menggasak perangkat rekam E-KTP berupa satu buah kamera merk canon 1100D dan sebuah lensa merk canon beserta baterai dan perangkat pembuatan kartu keluarga (KK).

Keduanya melakukan aksi pencurian di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kompleks Kantor Kecamatan Purworejo tempat rekam E-KTP dan KK.

“Keduanya melakukan aksi pencurian dengan membuka jendela boven dan mengambilnya dari luar,” kata Kapolsek Purworejo AKP Markotib SH, Selasa (26/2/2019).

Aksi pencurian ini dilaporkan pihak petugas ke Polsek Purworejo dan kemudian dilakukan pengejaran. “Keduanya berhasil ditangkap di rumahnya masing-masing,” jelas Markotib.

Hanya saja karena keduanya masih dibawah umur, dan pihak orang tua bertanggungjawab, maka keduanya tidak dilakukan penahanan. Namun sejumlah barang bukti seperti kamera merk canon 1100D, sebuah lensa merk canon beserta baterai dan perlengkapannya serta sebuah sepeda motor, dan uang hasil penjualan yang tinggal Rp 600 ribu disita sebagai barang bukti.

“Kamera sudah dijual, dan kita sita dari pembelinya di daerah Loano,” tambah Markotib.

Tindakan ini bermula saat DAF dihampiri WSW di rumahnya dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di lokasi keduanya langsung menuju sasaran tempat pembuatan E-KTP dan KK. DAF langsung mencari bambu kecil sepanjang tiga meter dan dipotong menjadi dua. Di ujung bambu  diikat sendok makan yang sudah dibekuk dan dimanfaatkan untuk mengait tali kamera. Mereka memanjat menggunakan kursi plastik yang ada di sekitar lokasi. Keduanya diancam dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara. (Nar)

BERITA REKOMENDASI