Edarkan Sabu Dalam Rokok, Langsung ‘Diborgol’

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Seorang pengedar sabu-sabu asal Dukuh Banjarejo Rt 01/Rw I Desa Tuban, Gondangrejo, Tomy Lian Susanto alias Dimas (33) diringkus aparat Satnarkoba Polres Karanganyar. Polisi mendapati barang bukti 2,5 gram ‘bubuk putih’ itu disamarkan di dalam bungkus rokok.

Wakapolres Karanganyar Kompol Prawoko mengatakan tersangka memang buruan satuannya. Ia sudah diikuti sejak keluar rumah sampai ke lokasi penyergapan di depan kios polsel Tazmania, Jalan Slamet Riyadi, Karangrejo, Karanganyar Kota, Rabu (14/6) pukul 22.30 WIB. 

Tomy sempat mengelak dirinya menyimpan barang haram itu. Namun akhirnya menyerah usai didapati paket sabu disembunyikannya. Pria yang tinggal indekos di Kampung Munggung, Banjarsari, Solo ini diduga akan bertemu dengan pembeli paket shabu-shabu.  "Gerak-geriknya mencurigakan. Seperti menunggu seseorang. Hal itu menguatkan dugaan ia akan bertransaksi shabu. Kemudian aparat menggeledahnya,” katanya.

Shabu 2,5 gram terbagi tiga paket, yakni 1,05 gram dan 1,04 gram yang disimpan dalam bungkus rokok berbalut kertas dan dilakban. Sedangkan paket 0,3 gram disembunyikan di dalam bungkus rokok Dunhill. Dalam penggeledahan itu ditemukan pula beberapa plastik klip kecil yang diduga untuk mengemas sabu ke paket lebih kecil sebelum dijual. 

Dari penggerebekan itu, petugas juga menyita satu unit sepeda motor Honda Beat berplat palsu AD 4533 XY. Sedangkan plat aslinya AD 5896 CH atas nama warga Banjarsari, Solo, Ari Supriyadi. Selain itu juga diamankan beberapa bukti transfer rekening.

“Berdasarkan pengakuan tersangka dia sudah melakukan aktivitas penjualan sekitar tiga bulan terakhir. Tapi ini masih terus kita dalami dan kembangkan kemungkinan adanya jaringan lain yang terlibat,” papar Wakapolres. (R-10)

BERITA REKOMENDASI