Gudang Atletik Stadion Sultan Agung Terbakar

BANTUL, KRJOGJA.com – Kompleks Stadion Sultan Agung tepatnya ruang penyimpanan perlengkapan cabang atletik ludes terbakar, Selasa (23/01/2018). Banyaknya material yang mudah terbakar di dalam ruangan sehingga proses pemadaman memakan waktu 1,5 jam. 

Dua mobil pemadam dan satu mobil tangki diterjunkan untuk menjinakkan api. Akibat dari peristiwa itu kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Peristiwa tersebut ditengarai akiba panel listrik disambar petir.

Petugas perawatan stadion, Murdono menjelaskan sebelum kejadian, petir menyambar panel listrik di sisi utara tribun barat stadion pukul 14.00. Sambaran petir ini kemudian merambat pada tumpukan busa setebal 1 meter di ruangan penyimpanan.  

"Busanya ada di bawah panel yang disambar listrik itu. Tiga petugas  mendengar ada suara percikan. Setelah dicek ke ruangan, api sudah membakar tumpukan busa alat atletik. Kobaran api  coba dipadamkan, dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Sebenarnya kobaran api padam, tetapi setelah itu api muncul lagi," ungkapnya.

 Murdono menjelaskan, ruangan yang terbakar berada disisi paling utara tribun barat stadion. Ruangan tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan alat-alat atletik seperti busa, paralon, dan beberapa barang mudah terbakar lainnya. Petugas Pemadam kebakaran yang diterjunkan saat itu sempat kesulitan karena tebalnya asap yang memenuhi ruangan.

Dia menambahkan sambaran petir di stadion bulan pertama kalinya. Sebelumnya papan skor (scoreboard) pernah tersambar petir namun tidak menimbulkan kebakaran. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI