Hakim Kesal Jaksa Kembali Mangkir

BANTUL,KRJOGJA.com – Sidang penggunaan logo Apkomindo tanpa izin yang menyeret Ketua Umum DPP Apkomindo, Ir Soegiharto Santoso alias Hoky yang rencananya akan dilakukan pemeriksaan saksi ade charge (meringankan) urung dilakukan. Lagi-lagi penuntut umum Ansory SH tak hadir di persidangan tanpa alasan jelas dan tak memberi kabar apapun.

Padahal saat itu majelis hakim diketuai Subagyo SH MHum dengan anggota Zaenal Arifin SH dan Cahya Imawati SH setelah membuka persidangan telah memerintahkan terdakwa duduk di samping penasihat hukum. Setelah itu hakim memerintahkan penasihat hukum Bimas Ariyanta SH menghadirkan saksi ade charge, tetapi jaksa pengganti dari Kejari Bantul, Sabar Sutrisno meminta sidang tak dilanjutkan karena bukan kewenangannya.

Hal itu membuat majelis hakim kesal dan terpaksa menunda persidangan selama 2 pekan karena terbentur dengan libur Lebaran. “Kalau kayak gini namanya tidak sidang. Untuk itu persidangan kami tunda dan dilanjutkan pada Kamis 6 Juli mendatang, karena kalau ditunda Senin 3 Juli takutnya jaksa tak hadir lagi,” ucap Subagyo.

Disebutkan, penanganan pekara ini sudah berlarut-larut sampai 6 bulan lebih. Dengan persidangan yang cukup lama tersebut majelis hakim ingin segera menuntaskan dan menyelesaikan karena sudah mendapat teguran dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Untuk itu Subagyo meminta jaksa pengganti memberitahu jaksa Kejagung RI, Absory SH untuk bisa hadir dalam sidang Kamis depan.

Sementara Bimas Ariyanta SH mengaku kecewa dengan ketidakhadiran jaksa Ansory SH di persidangan. Padahal dalam sidang  sebelumnya sudah disepakati sidang akan digelar mulai pukul 10.00. tetapi setelah ditunggu sampai sore, penuntut umum tak kunjung hadir tanpa kabar.

“Saya kecewa degan sikap jaksa Ansory tak bisa hadir di pengadilan tanpa ada kabar. Kalau semisal tak bisa hadir tolong memberitahu sebelumnya. Karena kasihan saksi kami yang sudah jauh-jauh datang dari Solo dan menunggu dari pagi sampai sore tenyata tak jadi sidang,” tegas Bimas.

Seperti diketahui, sebagai penuntut umum, Ansory SH tak menghadiri persidangan di PN Bantul sebanyak 4 kali. Hal ini yang membuat persidangan sering ditunda sehingga menyebabkan persidangan terjatung-katung dan tak kunjung selesai. (Usa)

 

BERITA REKOMENDASI