Hari Jadi ke-35 Ikadin, Komitmen Mengawal Penegakan Hukum

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Di usianya ke-35, Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) semakin menguatkan komitmennya untuk terus menegakkan hukum di tanah air. Keberadaan Ikadin harus dapat memberikan warga tersendiri dalam mengawal hukum agar tetap berjalan dengan baik dan memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.

“Semangat kita masih tetap sama yakni menegakkam hukum di negeri ini. Ikadin juga akan turut serta dalam pembangunan nasional, memastikan hukum berjalan dengan baik dan tegaknya HAM di tanah air,” kata Ketua DPD Ikadin DIY, Mulyadi SH dalam perayaan hari jadi ke-35 Ikadin yang diperingati tepat har ini, Selasa (10/11/2020) di kantor DPD setempat.

Mulyadi menegaskan, Ikadin memiliki tanggungjawab yang besar dalam tegaknya hukum dan peradilan di negeri ini. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melahirkan Advokat-advokat handal serta profesional yang siap untuk diterjun di tengah masyarakat.

“Ikadin merupakan salah satu penyelenggara organisasi yang berhak mengangkat dan memberhentikan Advokat, serta menyelenggarakan ujian Advokat. Oleh karena itu Ikadin memiliki tanggungjawab besar untuk mencetak Advokat yang profesional,” tegasnya.

Itulah sebabnya Ikadin sangat ketat dalam melakukan pengawasan terhadap para Advokat agar dalam melaksanakan profesinya tak melakukan pelanggaran. Di dalam Ikadin terdapat komisi pengawasan maupun dewan kehormatan yang siap memberikan sanksi tegas bagi Advokat yang melanggar kode etik.

Sementara itu Sekretarin Ikadin DIY, Muhammad Novweni SH berharap Ikadin yang telah berusia lebih dari seperempat abad ini dapat lebih solid dalam mengemban amanah hukum. Kepada para anggota, Novweni yang juga merupakan Direktur LBH Pandawa ini berharap agar dapat bersama-sama membesarkan organisasi dengan memberikan kontribusi positif.

Peringatan hari jadi ke-35 ini dilaksanakan dengan sederhana, mengingat kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi. Rangkaian kegiatan diantaranya pembagian masker kepada masyarakat, bakti sosial di panti asuhan Al Dzikro dan rapat virtual bersama pimpinan pusat Ikadin. (Van)

BERITA REKOMENDASI