Jadi Target, Pecatan PNS Tersangka Penipuan Tenaga Kerja

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pria berinisial NH, warga Kelurahan Sucen Juru Tengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo terpaksa berurusan dengan pihak berwajib. Pecatan PNS pemerintah pusat itu jadi tersangka karena diduga menipu FM, perempuan warga Kecamatan Purworejo, dengan modus iming-iming pekerjaan tetapi meminta sejumlah uang.

Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Kholid Mawardi SH mewakili Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetya SIK mengatakan, kasus tersebut terjadi pada tahun 2014.

"Tersangka bertemu korban dan orang tuanya, lalu menjanjikan FM bisa masuk sebagai bidan di RSUD Saras Husada atau sekarang bernama RS Dr Tjitrowardoyo. Namun tersangka minta uang," ujarnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Jumat (12/1/2018).

Orang tua korban menyetor Rp 5 juta dari permintaan tersangka Rp 10 juta. Namun ditunggu berbulan-bulan, janji mendapat pekerjaan tidak pernah kesampaian.

Pihak korban menagih janji NH, namun tidak juga terpenuhi. Merasa ditipu, korban melaporkan kasus itu ke Polsek Kutoarjo.

Polisi mengamankan NH dan menetapkannya sebagai tersangka. Kepada petugas, katanya, NH mengaku jika uang dari korban digunakan untuk mencukupi hidup sehari-hari.

"Tersangka kami jerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan, subsider Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman penjara paling lama empat tahun," tuturnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI