Jalur Wisata di Gunungkidul Rawan Aksi Klithih

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Polres Gunungkidul meningkatkan pengamanan di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan kawasan jalur wisata mengantisipasi potensi keamanan dan geng klithih yang meresahkan. Sudah banyak korban ulah geng klithih yang merusak citra pariwisata Gunungkidul. Korban kejahatan klithih tidak hanya menimbulkan korban materi tetapi juga menimbulkan korban luka akibat dianiaya.

“Patroli JJLS terus kita lakukan untuk mengantisipasi klithih,” kata Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino Minggu (07/01/2018).

Sudah berulangkali terjadi geng klithih berulah di Gunungkidul dan terakhir, tepat pada malam tahun baru silam, kawanan geng yang di antaranya beranggotakan oknum pelajar itu menyerang dan merampok sekelompok wisatawan di jalur selatan. Langkah antisipasi yang dilakukan ini merupakan bentuk komitmen jajarannya dalam memberikan perlindungan maupun menjaga keamanan di kawasan wisata.

Langkah antisipasi sendiri menjadi tindak lanjut dari jajarannya terkait dengan pembentukan tim Progo Sakti Polda DIY yang menyasar kawanan geng-geng pelajar yang meresahkan warga dalam beberapa waktu terakhir ini. “Sesuai komitmen kepolisian kita optimalkan pengamanan di jalur wisata dengan melibatkan personel hingga di tingkat Polsek jalur wisata,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui tingkat kerawanan di jalur wisata belakangan ditengarai cukup tinggi.Pada Sabtu (06/01/2018), juga dilakukan pembinaan terhadap ratusan pelajar sebuah SMK di Yogya. Mereka berkonvoi di JJLS dengan tujuan pantai selatan. Adapun penindakan yang dilakukan Polres Gunungkidul melalui Polsek Saptosari merupakan hasil koordinasi dengan Polres Bantul. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI