Janin Bayi Dibuang di Samping Kantor Kejati

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebuah kantong pastik warna putih berisi janin bayi dibuang oleh sepasang pria dan wanita pengendara motor di samping kantor Kejati DIY Jalan Kapas Yogyakarta, Selasa (20/03/2018). Bayi naas berkelamin laki-laki tersebut sudah dalam kondisi tak bernyawa yang ditempatkan dalam kotak sepatu. Diduga pasangan pria dan perempuan pembuang janin tersebut merupakan orang tua bayi yang tak menghendaki kelahirannya.

Kapolsekta Umbulharjo, Kompol Sutikno mengungkapkan sebelumnya seorang siswa melihat pasangan pria dan wanita dengan mengendarai sepeda motor matic warna hitam berusaha membuang bungkusan plastik di semak-semak depan SMK Koperasi di Jalan Gayam Yogyakarta. Karena kepergok orang lain maka dua orang ini membatalkan niatnya dan malah memacu motor ke arah timur lalu belok selatan menuju Jalan Kapas.

“Saksi yang mengetahui tindakan dua orang mencurigakan itu lalu mengejar menggunakan motor. Pelaku kemudian melempar bungkusan itu di lokasi penemuan, saksi berusaha terus mengejar namun kehilangan jejak,” ungkap Sutikno.

Saksi bernama Zafroni Rochmad Arif (18) pelajar SMA swasta di Yogya ini kembali ke lokasi pelaku membuang plastik tadi. Saat dibuka ternyata bungkusan itu berisi janin bayi yang telah dalam kondisi tak bernyawa.

Setelah mendapatkan laporan Polisi segera menuju ke lokasi. Dari hasi visum luar menunjukan bayi dengan berat kurang lebih 2,5 kg yang masih lengkap tali plasentanya itu telah tak bernyawa sekitar 3 jam setelah ia dilahirkan.

“Tidak ada tanda-tanda kekerasan atau jeratan di tubuh bayi tersebut, janin telah dibawa ke RS Bhayangkara guna langkah pemeriksaan selanjutnya. Saat ini kami masih mencoba mencari pengendara motor pelaku pembuangan bayi tersebut dengan menelusuri rekaman CCTV di sekitar lokasi,” ungkapnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI