Janjikan Keuantungan Besar, Penipu Raup Untung Ratusan Juta Rupiah

SLEMAN, KRJOGJA.com – Penipuan dengan modus ekspor biji vanila, dilakukan FY (44) pria asal Medan. Dari seorang korbannya bernama Robby (46) asal Banyumas, Jawa Tengah, FY mampu meraup untung hingga Rp 747 juta.

Korban tertarik bisnis tersebut setelah FY menjanjikan keuntungan yang besar, yakni Rp 2 juta perkilogram biji vanila yang diekspor. Kapolsek Depok Barat AKP Amin Ruwito SIK menjelaskan, penipuan berawal saat korban dikenalkan pelaku oleh salah seorang temannya, Juni 2020. Pelaku beberapa kali meminjam uang kepada korban, dengan alasan untuk menjalankan bisnis ekspor biji vanila ke luar negeri.

“Setiap pinjam, pelaku selalu mengembalikan uangnya, bahkan memberikan lebih. Hal itu membuat korban tertarik dengan perusahaan yang dikelola oleh pelaku,” ungkap Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu Mateus Wiwit, Jumat (1/10/2021).

Pelaku kemudian mengajak korban bergabung di perusahaan tersebut dengan jabatan sebagai komisaris sekaligus penanam modal. Karena terbujuk iming-iming keuntungan yang besar, sehingga korban setuju. Pada 8 Juni 2021 lalu, korban resmi menjadi komisaris di perusahaan milik pelaku dengan dibuat akta notaris. Sedangkan pelaku, sebagai direktur utama yang bertugas mengelola uang korban dengan perjanjian keuntungan dibagi dua.

BERITA REKOMENDASI