Jaringan Terputus Peredaran Sabu-sabu, Pengedar Beli Barang dari ‘PL’

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Seorang misterius berinisial PL tengah diburu aparat Satreskrim Polres Karanganyar. PL merupakan penyedia sabu-sabu ke pengecer.  Salah satu pengecer sabu asal Desa Kemiri Kebakkramat, Anas Tri Hananto (36) berhasil diringkus. Anas mengaku tidak mengenal PL, namun sudah melakukan transaksi. Ia hanya memiliki nomor teleponnya saja.
Wakapolres Karanganyar Kompol Purbo Adjar Waskito mengatakan Anas ditangkap di Kebakkramat pada 8 Januari lalu. Polisi mendapati Anas membawa sabu-sabu seberat 3,89 gram. Setelah rumahnya digeledah, polisi juga mendapatkan barang bukti lainnya seperti timbangan digital, alat hisap, dan uang tunai yang merupakan hasil transaksi narkoba.
“Tersangka mengaku sabu dia beli dari PL. Ia enggak kenal orang yang selalu berkomunikasi via telepon itu. Transaksinya di tempat sesuai perjanjian,” katanya, Senin (24/1/2022).
Wakapolres Karanganyar mengatakan penjual sabu-sabu PL sudah dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang. Tersangka membeli sabu-sabu dari PL seberat 5 gram dengan nilai Rp 5 juta. Selanjutnya oleh tersangka sabu-sabu tersebut dikemas dalam bungkus yang lebih kecil untuk dijual kembali kepada orang lain.
“Dia kemasi lagi sabu-sabu itu dengan plastik kecil-kecil untuk dijual Rp400.000 per paket. Saat kami tangkap masih ada 3,89 gram, selebihnya sudah dijual kepada orang lain,” imbuh Purbo.
Sementara itu, atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara sedikitnya lima tahun dan paling lama 20 tahun serta denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar. (Lim)

BERITA REKOMENDASI