Kandang Terbakar, Puluhan Ternak Terpanggang

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Kebakaran kandang di Dusun Wonorejo Rt 03/Rw 10 Desa/Kecamatan Jatiyoso tak hanya meluluhlantakkan bangunan, namun juga menewaskan puluhan hewan ternak, Selasa (12/09/2017) pukul 19.30 WIB. Kebakaran bermula dari api kompor yang menyambar kayu dan tabung gas elpiji.

“Dapur dan kandang seisinya ludes. Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian itu,” ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko kepada KRJOGJA.com, Rabu (13/09/2017).

Korban seorang PNS bernama Samijo (47), yang bersama keluarganya tidak berada di rumah ketika kebakaran terjadi. Saat meninggalkan rumah, ia melupakan sebuah tungku masih menyala.

Seorang manula bernama Dikan (91) mengalami luka bakar pada kaki kiri saat menyelamatkan diri dari rumah yang berhimpitan dengan kandang hewan itu. Berdasarkan pemeriksaan di TKP, ledakan tabung elpiji memperparah kebakaran itu. Kobaran api yang merembet ke kandang membakar seekor sapi, sembilan ekor kambing, dan 50 ekor ayam. Seorang saksi bernama Giyono (45) meminta tolong ke tetangga membantu memadamkan kebakaran.

“Kerugian ditaksir Rp 50-an juta. Dari kerugian materi bangunan dan hewan ternak yang tewas,” katanya.

Kebakaran juga melanda rumah warga Dukuh Wonokeso Rt 02/Rw 02 Desa Doplang, Karangpandan, Kasidi (65) akibat korsleting listrik, Rabu (13/09/2017) pukul 05.30 WIB. Kerugian ditaksir Rp 15 juta dari kerusakan ruang kamar, satu dapur dan sebagian ruang tamu. “BPBD memberikan bantuan logistik ke korban kebakaran,” kata Bambang. (Lim)

BERITA REKOMENDASI