Kartu ATM Tertinggal, Tabungan Karyawan Hotel Ini Dikuras

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Aparat Polres Karanganyar meringkus Muhammad Hajar Gunawan (41) warga Sidoarjo, Jawa Timur yang tinggal di Karangasem, Solo karena mencuri uang milik nasabah Bank Mandiri  dengan cara membobol rekeningnya. Kejadian bermula ketika kartu debit korban tertinggal di mesin ATM.

"Korban dalam perjalanan pulang, mampir ke gerai ATM untuk mengambil uang. Usai bertransaksi, langsug meninggalkan gerai itu. Namun lupa mencabut kartu debitnya. Kesempatan itu dimanfaatkan pelaku untuk meneruskan transaksi tanpa diketahui pemiliknya," kata Wakapolres Karanganyar, Kompol Prawoko kepada wartawan dalam gelar barang bukti kasus pencurian di Mapolres, Senin (29/5).

Diceritakan, korban yang merupakan karyawan Hotel Lor In, Alan Bangun Asoba (19) menyadari duit di rekeningnya berkurang dari notifikasi sms banking, Minggu (7/5). Dinotifikasikan, uang rekeningnya diambil tunai Rp 1.250.000 kemudian ditransfer Rp 10 juta ke rekening nasabah Bank Mandiri atas nama Monica Ariyani Wardhani. 

Dari situ korban baru menyadari kartu debitnya tertinggal di mesin ATM dan dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab. Hal itu dikuatkan informasi perbankan yang diaksesnya melalui teller. Menyadari uangnya dikuras, langsung melapor ke Mapolsek Colomadu.

"Polisi menelusuri alamat pemilik rekening yang menerima transferan uang korban. Ternyata Monica Ariyani Wardhani beralamat di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Pemilik rekening ini tidak lain adalah istri pelaku,” lanjut Wakapolres.

Selain menelusuri sampai ke Jawa Timur, polisi juga memeriksa rekaman CCTV yang menyorot aktivitas di gerai ATM pada saat kejadian. Dari situlah pelaku berhasil dikenali. (R-10)

BERITA REKOMENDASI