Kawanan Pembobol Gudang, Gasak 19 Ribu Dus Minuman Kemasan

KENDAL, KRJOGJA.com – Empat kawanan pembobol gudang di Boja Kendal berhasil diamankan jajaran Reskrim Polres Kendal Rabu (29/01/2020). Komplotan ini bekerjasama dengan sopir gudang dan mantan satpam gudang. Kawanan ini membobol gudang sejak September hingga November 2019 dengan total kerugian mencapai Rp 350 juta. Tidak tanggung-tanggung total minuman yang dikuras berjumlah 19 ribu dus minuman kemasan.

Kawanan yang satu ini tergolong rapi dalam melaksanakan aksinya membobol gudang PT Trisumber Lintas Nusantara yang berada di Kecamatan Boja . Aksinya membobol gudang dilakukan berkali-kali bahkan dalam seminggu kawanan pembobol gudang ini bisa beraksi tiga kali tanpa diketahui oleh penjaga malam.

Aksi kawanan pembobol gudang ini selalu bekerjasama dengan penjaga malam dan sopir serta karyawan gudang, sehingga meksi dilakukan berulang-ulang tidak diketahui. Aksi pencurian dan pembobolan gudang minuman kemasan ini terkuak, saat manajer area Jawa Tengah menerima audit ada selisih kekuangan stok barang.

Tidak tanggung-tanggung barang yang diambil kawanan pembobol gudang ini sebanyak 19 ribu dus minuman kemasan atau jika dinominalkan mencapai Rp 350 juta. Empat kawanan yang diringkus yakni  Eko Susanto sopir perusahaan, Dwi Riya Andriyanto kernet truk pengirim, Suranto pernah bekerja sebagai penjaga malam dan Rohim warga Singorojo Kendal.

“Setiap beraksi menggunakan tangga dan masuk ke dalam gudang. Sekali beraksi barang yang diambil tidak banyak dan terus dilakukan hingga berjalan tiga bulan sampai 17 kali. “Barang yang dicuri dari gudang kemudian dijual eceran dengan harga lebih murah ke pasar-pasar tradisional,” jelas  Eko Susanto.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana mengatakan modus yang dilakukan masuk ke dalam gudang dengan bantuan karyawan perusahaan. “Total kerugian yang diderita perusahaan mencapai Rp 350 juta dengan jumlah minuman kemasan yang diambil selama tiga bulan beraksi sebanyak 19 ribu dus minuman kemasan,” ujar kapolres.

Keempat tersangka kawanan pembobol gudang ini bakal di jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara. Keempatnya kini mendekam di sel tahanan Mapolres Kendal untuk pengembangan selanjutnya. (Ung)

BERITA REKOMENDASI