Kemenpar Adakan Sayembara Desain Toilet

JAKARTA (KRjogja.com) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan sayembara desain toilet  umum. Kali ini 6  kategori yang dilombakan yakni toilet umum di kawasan wisata pegunungan, kawasan wisata pantai, kawasan konservasi alam, toilet apung di penginapan atau homestay, toilet umum bandara UPBU (Unit Penyelenggara Bandar Udara) , dan toilet umum di pasar rakyat/tradisional.  

"Desain  toilet umum tersebut terdiri atas toilet pria, toilet wanita, toilet disabilitas, janitor room dan ruang menyusui.  Penyelenggaraan sayembara tersebut sebagai upaya untuk mendapatkan ide segar dari masyarakat mengenai desain toilet umum yang nyaman, higienis dan ramah lingkungan," kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kemenpar Dadang Rizki Ratman di Jakarta, Senin (5/12).

Menurut Dadang ayembara ini terbuka untuk umum; mahasiswa, pekerja bidang desain,  maupun arsitektur dan sipil dengan total hadiah  Rp 300 juta. 
" Satu pemenang utama dari masing-masing kategori berhak atas hadiah sebesar Rp 50 juta," kata Dadang.

Dipaparkan, pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Januari-15 Februari 2017 dan batas akhir penerimaan karya pada tanggal 28 Februari 2017 pukul 16.00 WIB. Dan pengumuman pemenang pada tanggal 23 Maret 2017. Adapun biaya pendaftaran sebesar Rp 100 ribu dan biaya tambahan sebesar Rp 50 ribu jika mengambil kategori pilihan.

"Mekanisme sayembara desain toilet umum dapat dibaca dan download di website www.asosiasitoilet-indonesia.org dan www.sayembara.gbcindonesia.org." (Lmg)

BERITA REKOMENDASI