Kepala Dipukul Kentongan, Motor Raib

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Satuan Reskrim Polres Purworejo menangkap Tri (33) alias Trileng pemuda warga Desa/Kecamatan Butuh Purworejo. Pengangguran itu nekat mencuri motor dan ponsel milik Haryanto (56) warga Kedungkamal Grabag setelah sebelumnya dianiaya.

Kasus pencurian dengan kekerasan tersebut terungkap karena korban kenal dengan pelaku. "Mereka ada kerjasama bisnis, sehingga pelaku diterima saat datang bertamu ke rumah korban," tutur Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Jumat (13/10/2017).

Pelaku, katanya, menanyakan perihal modal Rp 25 juta yang ditanamkan untuk usaha. Namun korban tidak memberi jawaban memuaskan. Tri emosi kemudian berjalan ke belakang rumah korban dan mengambil kentongan bambu.

Melihat korban lengah, katanya, pelaku memukul kepala Haryanto dengan kentongan sepanjang 40 sentimeter itu. Korban pingsan dan tersangka menggasak sepeda motor bebek AA 2714 PC berikut BPKB-nya dan satu ponsel.

Polisi mendapat laporan dari korban langsung menyelediki dan mengejar pelaku. Tri aloas Trileng berhasil ditangkap dari persembunyiannya di Surabaya Jawa Timur.

Polisi mengamankan sejumlah bukti diantaranya sepeda motor serta BPKB, sedangkan ponsel telah dijual dan uangnya digunakan untuk foya-foya. "Tersangka langsung ditahan dan kami dalami apakah yang bersangkutan juga pernah beraksi di tempat lain," tegasnya.

Gara-gara aksinya, pelaku terancam penjara paling lama 12 tahun karena melanggar Pasal 365 ayat 1 dan 2 KUHP, tentang pencurian dengan kekerasan.

Sementara tersangka Tri mengaku menyesal telah mukul dan mencuri harta korban. "Saya terpaksa, emosi mengetahui nasib uang untuk modal tidak jelas," katanya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI