Komplotan Ini Ternyata Masih Satu Keluarga

CILACAP (KRjogja.com) – Satu keluarga tujuh orang  yang terdiri kakak beradik, kakek, menantu, kemenakan dan kerabat diringkus tim Sat reskrim Polres Cilacap karena diketahui berkomplotan mencuri puluhan sepeda motor dan mobil dari sejumlah daerah di wilayah barat Kabupaten Cilacap.

Dari komplotan itu diamankan 29 sepeda motor berbagai merk serta sebuah kendaraan roda empat, 3 buah kunci leter T, gunting, tatah serta 13 buah Handpone yang diduga hasil dari kejahatan.

"Komplotan ini dikenal Kelompok Tujuh, karena beranggotakan terdiri NA alias Ganto (19 ), Ad (23) t,  Su alias Penjol (45), Gan ( 23 ), Par alias Doyok (48),  MM alias Arul dan  Das alias imang (40),  seluruhnya warga Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap," ujar Kepala Kepolisian Resor Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya SIK, MH, Senin (29/8/2016).

Dijelaskan, modus operasi mereka masuk kedalam rumah dengan cara merusak atau mencongkel jendela atau pintu, kemudian sepeda motor dibuka kunci stangnya menggunakan kunci T, kemudian  dituntun keluar rumah “Mereka  hanya butuh waktu 3 menit dalam menggunakan kunci T dan mereka mengambil sepeda motor di dalam rumah,” ungkapnya.

Menurutnya , para pelaku tidak segan melakukan kekerasan terhadap korbannya, jika aksinya kepergok orang. “ Pelaku ada yang masih hubungan keluarga, bahkan ada yang kakak adik, dan ada juga yang bapak dan menantu serta ada yang hanya sebatas teman saja,” katanya.

Dikatakan, hasil kejahatan mereka dijual ke penadah di daerah Cikalong Jawa Barat dengan harga per unit Rp 2 juta. "Untuk penadahnya saat ini masih dalam pengejaran petugas,” tambahnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatnya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara.(Mak)

 

BERITA REKOMENDASI