Komplotan Pengutil Sembunyikan Pakaian dalam Korset

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Jajaran Polsekta Umbulharjo berhasil membongkar aksi komplotan pencuri pakaian yang selama ini beroperasi di pusat perbelanjaan lintas provinsi. Polisi mengerebek sindikat pengutil yang beranggotakan enam orang tersebut di sebuah hotel kawasan Jalan Batikan Umbulharjo Yogyakarta, Sabtu (03/09/2016). Dari tangan kelompok ini berhasil diamankan puluhan celana dan baju keluaran merk ternama.

Kapolsekta Umbulharjo, AKP Yugi Bayu Hendarto mengungkapkan, para tersangka yang ditangkap yakni Alf (34) warga Maluku, Ahm (36), Ilo (26), Dai (26) alias Iyol serta dua orang wanita masing-masing Sit (31) dan Pet (35) kelimanya warga Jakarta Barat. Di wilayah DIY komplotan ini beraksi mengutil pakaian di Jogja City Mall (JCM).

Terbongkarnya sindikat ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan petugas atas adanya laporan sekelompok orang mencurigakan tengah menginap di sebuah hotel kawasan Jalan Batikan. Di hotel tersebut sindikat ini menempati kamar nomor 12 dan 23 yang check in sejak kurang lebih dua hari lalu.

Gerak-gerik tamu hotel ini cukup mencurigakan, mereka selalu keluar bersama dan ketika kembali ke kamar membawa puluhan potong pakaian maupun celana tanpa menggunakan tas kemasan. Setelah melakukan pengintaian dan cukup bukti akhirnya petugas melakukan penggerebekan di dua kamar tersebut.

Dari dua kamar yang ditempati para tersangka, petugas menemukan puluhan baju maupun celana hasil kejahatan. Turut diamankan pula satu unit mobil Toyota Avanza warna putih B-2081-BKJ yang digunakan komplotan ini saat beraksi.

“Berhubung kejadiannya berada di wilayah hukum Posek Mlati Sleman maka para tersangka berikut barang bukti kami limpahkan semua ke sana. Kami telah berkoordinasi guna pengembangan lebih lanjut yang akan dilakukan petugas Kepolisian setempat,” tegas Yugi Bayu.

Dalam aksinya komplotan ini saling berbagi tugas. Ahm sebagai sopir, Ilo dan Iyol berjaga di dalam mobil sekaligus memantau situasi, sedangkan Alf ditemani Sit serta Pet masuk ke dalam mall untuk melakukan pencurian.

Modus yang digunakan sindikat ini yakni Sit serta Pet berpura-pura mengalihkan perhatian penjaga stan dan saat lengah maka Alf mengambil beberapa potong pakaian di tempat itu. Alf menyembunyikan pakaian curian dalam korset yang dikenakannya pada bagian perut dan setelah dirasa aman ia baru keluar mall disusul dua pelaku wanita lainya.

Kepada petugas, komplotan ini mengaku sebelum beraksi di JCM telah melakukan pencurian di beberapa mall wilayah Jakarta dengan modus yang sama. Rencananya pakaian hasil kejahatan tersebut akan dijual kepada seorang penadah di wilayah Yogyakarta. (Van)

BERITA REKOMENDASI