Korban Arisan Hoki Istri Anggota Dewan Mengadu ke DPD Gerindra

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ibu-ibu korban Arisan Hoki mendatangi Kantor DPD Gerindra DIY di Jalan Nitikan Baru Yogyakarta, Jumat (11/06/2021). Kedatangan mereka ini untuk mengadu dan melakukan audiensi kepada jajaran pengurus partai tersebut, lantaran Dt yang merupakan anggota DPRD Bantul dari Fraksi Gerindra turut dilaporkan sebagai tergugat dalam kasus Arisan Hoki.

Dt diketahui sebagai suami dari Gy yang merupakan pemilik sekaligus penyelenggara arisan online ini. Anggota dewan tersebut turut digugat para korban Arisan Hoki lantaran dianggap pernah menjanjikan untuk membantu menyelesaikan permasalahan ini.

Lumintu, salah seorang peserta Arisan Hoki mengaku sudah menempuh berbagai cara agar uangnya bisa kembali. Pedagang sayur ini bahkan pernah mendatangi rumah Gy di Nitiprayan Ngestiharjo Kasihan Bantul, namun istri Dt tersebut menghindar dan tak bersedia menemui.

“Saya sudah kehabisan cara. Saya hanya ingin uang saya kembali, sudah cukup itu saja,” kata Lumintu usai audiensi.

Warga Kasihan Bantul ini mengaku mengikuti Arisan Hoki sejak November 2020 dan langsung diajak oleh Gy. Baru tiga bulan mengikuti arisan tersebut, namun penyelenggara mulai berhenti menyetorkan uang kepada para  peserta arisan.

Lumintu mengungkapkan total uang sekitar Rp 20 juta sudah ia masukan dalam arisan tersebut. Jangankan menikmati hasil arisan, meminta kembali uang pasokan saja ia tak bisa.

“Padahal uang tersebut hasil dari saya menyisihkan keuntungan dagang. Saya berharap dengan mengikuti Arisan Hoki dapat menambah untuk ‘kulakan’, namun malah uang tak kembali,” ungkapnya.

Kuasa hukum para peserta Arisan Hoki, Mahendra Handoko SH mengatakan dengan kedatangan para korban ke kantor DPD Gerindra DIY mereka berharap dapat bertemu dengan Dt. Mereka menagih janji Dt yang pernah mengatakan akan membantu menyelesaikan permasalahan Arisan Hoki ini.

“Dengan ini kami harapkan ada mediasi dan para korban dapat segera bertemu Dt. Kami tetap membuka pintu penyelesaian secara kekeluargaan agar masalah ini dapat segera selesai,” jelasnya.

Sekretaris I DPD Gerindra DIY, Guntur Yudhianto didampingi Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto yang menerima audiesi menegaskan permasalahan Arisan Hoki tak ada kaitannya dengan partai. Namun demikian aspirasi yang disampaikan para peserta arisan tetap akan diteruskan kepada pimpinan partai.

“Aspirasi ini akan kami sampaikan kepada pimpinan partai, sehingga permasalahan ini bisa selesai dengan baik. Kami akan coba untuk menjembatani supaya nanti bisa ada solusi soal permasalahan ini,” terangnya.

Sementara itu, Dt saat dihubungi melalui sambungan telephon menegaskan dirinya tak ada sangkutpautnya dengan Arisan Hoki. Namun karena gugatan perdata terhadap ia dan istrinya sedang berjalan, maka semua proses akan diikutinya.

“Arisan itu istri saya, jadi tidak ada keterkaitan dengan saya. Sudah ada upaya hukum di Pengadilan Negeri Bantul, tapi masih tidak percaya akan dimediasi di situ. Malah justru sekarang ke kantor DPD Gerindra,” tegasnya.

Dt mengaku awalnya tidak mengetahui jika istrinya terlibat dalam Arisan Hoki. Ia juga membantah jika telah berjanji untuk menyelesaikan permasalahan antara istrinya dengan para peserta arisan.

“Memang waktu itu arisan ini saya tidak tahu dan saya tahunya dari orang yang datang ke rumah, istri saya belum cerita. Dalam hal ini sebagai anggota dewan, ada warga saya terima dengan baik-baik, nanti saya sampaikan ke istri saya. Saya tidak mengatakan untuk seperti yang dituduhkan (membantu menyelesaikan permasalahan),” terangnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI