Korban Hafal Suara, Kades ‘Mbegal’ Ditangkap

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN (KRjogja.com) – Oknum Kades Jatiluhur Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen bernisial PS (40) membuat malu warganya. Ia ditangkap polisi karena melakukan pencurian dengan kekerasan (curas) di rumah warganya sendiri.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti pada ekspose kasus tersebut di Mapolres Kebumen, Selasa (5/12) memaparkan, PS sempat berpura-pura menenangkan korbannya setelah menerima laporan warga kalau rumah Parsini dirampok. "Bahkan tersangka ikut mengantar korban untuk melapor ke Polsek Rowokele," ungkapnya didampingi Kasatreskrim AKP Koliq Salis Himawan, Kapolsek Rowokele AKP Tamzil Mardiono dan Kasubag Humas AKP Willy Budiyanto.

Hasil penyelidikan mengarah ke PS, terlebih lagi korban hafal dengan suara dan bentuk tubuh pelaku yang sangat mirip dengan oknum kades. Korban juga mengenali jaket warna biru bertuliskan PNPM Mandiri Perdesaan yang dikenakan pelaku. "Dalam gelar perkara, sang kades yang dipanggil untuk menjalani pemeriksaan, akhirnya mengakui semua perbuatannya," ujar Kapolres.

Baca juga: 
Banyak Hutang, Pak Kades Rampok Warga Sendiri

AKP Koliq Salis Himawan menambahkan, selain beraksi di rumah Parsini, PS juga beraksi mengambil laptop di rumah Mino, perangkat desa setempat. Ironisnya, laptop yang dicuri merupakan barang inventaris Desa Jatiluhur.

Selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya uang tunai, jaket bertuliskan PNPM, sandal jepit, kamera pocket merek Canon serta laptop merek Lenovo yang sempat dijual. "Pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana 9 tahun penjara," jelasnya. (Suk)

 

BERITA REKOMENDASI