Kronologi Penggerebekan Mie Mengandung Borak

BANTUL (KRjogja.com) – Ada cerita menarik dari proses penggerebekan pabrik mie basah di Karangnongko Panggungharjo, Sewon, Bantul. Ternyata semua berawal dari kejelian dari Satnarkoba Polres Kulonprogo terhadap pedagang bakso yang berjualan di Mapolres Kulonprogo.

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti didampingi Kapolres Kulonprogo, AKBP Nanang Djunaedi SIK yang langsung menggelar jumpa pers di tempat kejadian perkara (TKP) pabrik mie menjelaskan, penggerebekan pabrik mie di Karangnongko Sewon ini merupakan hasil pengembangan penyelidikan Sat Resnarkoba Polres Kulonporogo sejak dua pekan lalu.

Atas perintah Kapolres Kulonprogo dan Ditreskrim Polda DIY melakukan pengawasan dan pananganan terhadap makanan yang mengandung bahan berbahaya, terutama yang beredar di sekitar Mako Polres Kulonprogo. Sat Resnarkoba Polres Kulonprogo langsung melakukan mengecekan terhadap makanan yang dijual di sekitar Mako Kulonprogo, termasuk peredaran mie kuning yang dipergunakan untuk bakso, yang juga menjadi langganan Kapolres serta anggota. Hasil pemeriksaan laboratorium, diketahui mie kuning untuk bakso yang beredar di Komplek Polres Kulonprogo positif mengandung borak.

Penjual bakso di sekitar Mapolres Kulonprogo kemudian dimintai keterangan dan mengaku mie yang digunakan ia beli di Pasar Beringharjo. Rabu dini hari, petugas Sat Resnarkoba dikoordinir Iptu Nara melacak pedagang mie kuning di Pasar Beringharjo, yang kemudian diketahui asal mie kuning yang positif mengandung borak berasal dari pabrik mie kuning milik Wgr di Karangnongko Panggungharjo Sewon. Pagi itu juga, Kasat Resnarkoba Polres Kulonprogo memimpin penggrebekan pabrik mie tersebut dan mengamankan tersangka maupun barang buktinya.

Menurut AKBP Anny, pelaku pembuat mie yang mengandung borak bisa diancam pidana sesuai UU No 18 tahun 2012 tentang pangan dengan pidana 5 tahun penjara, denda Rp 10 miliar. Dari catatan polisi, tahun 2006 sebelum gempa di Yogya, pabrik milik W ini pernah diperkarakan oleh kepolisian karena menggunaka borak. (Jdm)

Baca Juga :

Polisi Grebeg Pabrik Mie Basah Mengandung Borak di Sewon

BERITA REKOMENDASI