Kuras Isi Gudang, Kawanan Perampok Ini Besekongkol dengan Oknum Satpam

KENDAL, KRJOGJA.com – kawanan perampok spesialis pembobol gudang diamankan Reskrim Polres Kendal Jumat (10/01/2020). Kawanan ini bersekongkol dengan satpam gudang dan berpura-pura membekap penjaga gudang sebelum menguras isi yang ada di dalam gudang tersebut. Kawanan perampok ini sudah beraksi di sepuluh lokasi di Kendal, Kota Semarang dan Kota Salatiga. 

Dalam rekaman CCTV yang ada di dalam gudang wilayah Weleri Kendal terlihat penjaga gudang didatangi kawanan perampok bertopeng dan membekapnya. Satpam dan penjaga gudang kemudian diikat serta dibekap sebelum kawanan perampok yang berjumlah 12 orang ini menguras isi gudang. 

Namun adegan perampokan yang terekam kamera CCTV ini, ternyata sudah direkayasa kawanan perampok tersebut. Satpam yang dibekap bersekongkol dengan kawanan ini yang bertugas memantau gudang dan membuka pintu. Aksi kawanan perampok spesialis pembobol gudang berakhir setelah polisi mengamankan pelaku saat beraksi di wilayah Salatiga. 

Dua belas pelaku diamankan polisi, tujuh diantaranya diamankan di Polres Kendal sedangkan lima lainnya diperiksa di Polres Salatiga. Otak dari perampokan ini adalah Supono, yang merupakan satpam gudang yang menjadi target kawanan perampok ini. “Setiap beraksi kita sudah bersekongkol dengan petugas keamanan dan direncana satu bulan sebelum beraksi,” katanya saat diperiksa di Polres Kendal. 

Tujuh pelaku yang diamankan yakni Supono, Mukhamad Alif Daelami, Mohamad Rizal, Koko Widayanto, Soichudikri kelimanya warga Semarang. Pelaku lainnya Sayidi dan Muhamad Muzamil warga Kendal. 

Supono mengaku sudah tujuh kali melakukan aksi perampokan dan selalu bersekongkol dengan petugas keamanan gudang. Dua pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas petugas karena mencoba kabur saat ditangkap. 

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita mengatakan, modus yang digunakan pelaku perampokan ini adalah bersekongkol dengan satpam gudang. “Dengan berpura-pura satpam gudang dibekap kawanan ini kemudian menguras isi gudang. Sudah sepuluh lokasi menjadi sasaran kawanan perampok ini dan polisi memburu pelaku yang buron buron,” ujar Hamka. 

Polisi mengamankan satu buah senjata tajam jenis parang, telepon selular milik karyawan gudang, lakban dan kabel yang digunakan untuk mengikat dan membekap satpam gudang serta truk yang digunakan mengangkut hasil kejahatan. “Tujuh pelaku yang diamankan Polres Kendal ini bakal dijerat dengan pasal 365 KUHP dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara,” lanjutnya. (Ung) 

BERITA REKOMENDASI