Lari ke Persawahan, Dua Kaki Donat Didor

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Buron paling dicari Polres Karanganyar, Dian Rismawan (28) alias Donat akhirnya ditangkap di persembunyiaannya Dukuh Blumbang Rt 03/Rw I Desa Bantengan, Karanggede, Boyolali, Minggu (7/8/2016). Polisi terpaksa melumpuhkan terdakwa kasus curat ini dengan menembak kedua kakinya.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan mengatakan, persembunyian Donat selalu berpindah-pindah. Setelah kabur dari Pengadilan Negeri (PN) pada Senin (1/8/2016), Donat ternyata sembunyi di beberapa tempat seperti Colomadu, Karanggede hingga Semarang.

"Mulai tanggal 4 Agustus kemarin mendapat backup IT Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng. Sasaran bergerak dari Colomadu ke Karanggede Boyolali. Kemudian lari lagi ke Banyumanik Semarang. Lokasi terakhir, dia kembali lagi ke Karanggede," ujar Kapolres.

Dalam pengejaran ini, 16 anggota Satreskrim Karanganyar bersama tim Polda Jateng memutuskan meringkus sasaran saat ia tersudut. Meski sudah dikepung, keinginan Donat untuk lolos dari pengejaran begitu kuat sehingga warga asal Kedungliwung Rt 03/Rw III Desa Gosono Kecamatan Wonosegoro, Boyolali ini mencoba kabur dengan berlari ke arah persawahan. Polisi sempat melepaskan tiga kali tembakan ke udara, namun hal itu tak membuat Donat berhenti berlari sehingga tembakan lanjutan diarahkan ke dua kakinya. Donat langsung tersungkur begitu peluru menembus kakinya. Dua butir untuk tiap kaki.

"Donat lalu diobati ke puskesmas Karanggede sebelum dibawa kembali ke Polres Karanganyar. Lukanya tidak mematikan, hanya melumpuhkan saja," katanya.

Rencananya, Donat akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar pada Senin (8/8/2016) untuk dilakukan penuntutan di persidangan. Sebagaimana diberitakan, Donat kabur saat dirinya akan disidang di PN. Spesialis pencuri truk ini didakwa melakukan kejahatan bersama tiga orang lainnya. Dalam putusan kasus lain, ia divonis bersalah oleh majelis hakim PN Salatiga dan sedang menjalani hukuman.

Kapolres mengatakan, seorang warga Jogobondo Rt 04/Rw XXII Mojolaban, Sukoharjo bernama Rohmat Isnaeni (20) ikut diringkus. Pemuda inilah yang membantu Donat meloloskan diri.

"Rohmat memboncengkan Donat dengan sepeda motor saat kabur dari PN. Dijerat pasal 221 ayat 1 KUHP karena membantu pelaku kejahatan melarikan diri," katanya. (M-8)

BERITA REKOMENDASI