Liga Arab Desak Negara Afrika Tolak Israel di DK PBB

ADDIS ABABA, KRJOGJA.com – Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit pada Minggu 28 Januari meminta negara-negara Afrika untuk menolak pencalonan Israel untuk menduduki kursi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) untuk periode 2019-2020.

Gheit, yang berbicara pada sesi pembukaan Majelis Negara Bagian ke-30 Uni Afrika (AU), mengatakan bahwa Liga Arab meminta tindakan penolakan tersebut ke negara-negara Afrika untuk menunjukkan solidaritas kepada rekan-rekan Palestina yang berada di bawah pendudukan Israel.

Dilansir dari Xinhua, Senin (29/1/2018), Israel berencana mencalonkan diri untuk menjadi anggota tidak tetap di DK PBB untuk 2019-2020. Hal tersebut merupakan langkah yang diharapkan negara Yahudi akan memberikan pengaruh diplomatik internasional yang lebih baik.

DK PBB, badan utama dunia untuk menghadapi tantangan keamanan dan perdamaian global, memiliki 15 negara anggota, 10 di antaranya adalah anggota tidak tetap yang mengambil tempat duduk dalam dua tahun dan lima anggota tetap memegang hak veto.

"Saya ingin memuji negara-negara Afrika yang selalu memiliki tekanan terbuka terhadap mereka yang berdiri di pengadilan Palestina di wilayah internasional. Kami yakin solidaritas Afrika dengan saudara-saudara Palestina kita akan tetap kuat dan tangguh dalam menghadapi pendudukan Israel, dalam menolak pencalonan Israel di DK PBB yang dianggap sebagai pelanggaran dan tindakan yang sesuka hati," kata Gheit. (*)

BERITA REKOMENDASI