Mantan Kades Mungkid Akhirnya Ditahan

MAGELANG (KRjogja.com) – Sukendro, mantan Kepala Desa Mungkid, Kabupaten Magelang, akhirnya ditahanan. Penahanan tersebut atas perintah Hakim Pengadilan Tindak Pindana Korupsi (Tipikor) Semarang. Ia menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi dana keuangan desa pada 2010 lalu.

"Penahanan terdakwa dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Diantarnya untuk mempermudah proses persidangan dan tidak ada upaya terdakwa menghilangkan barang bukti," kata Kepala Seksi Pidana Khusus, Kejari Kabupaten Magelang, Taufik Eko Budiarto, Kamis (01/09/2016).

Untuk selanjutnya, terdakwa akan dititipkan di Lapas kelas II Kota Magelang. Sidang terdakwa sendiri, sudah mulai berlangsung sejak dua pekan lalu. "Saat ini, proses sidang sudah sampai pada tahap mendengarkan keterangan para saksi. Kasus ini, merupakan tunggakan lama. Karena mulai diproses sejak 2011 lalu. Namun, baru diselesaikan di periode ini," jelasnya.

Sukendro sendiri didakwa telah melakukan penyelewengan dana desa dan bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Tengah, dengan kerugian negara mencapai lebih dari Rp 100 juta. Oleh terdakwa uang kerugian negara itu sudah dikembalikan. "Terdakwa sendiri langsung diberhentikan dari jabatannya pada 2011 lalu. Selama ini dia tidak ditahan karena dianggap kooperatif," ungkapnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI