Mengaku Dapat Cairkan Pinjaman Bank, Ibu Dua Anak “Sukses” Lakukan Penipuan

Editor: Ary B Prass

 

SLEMAN, KRJOGJA.com– Penipuan dengan modus dapat mencairkan pinjaman dana di bank hingga miliaran rupiah, terjadi di wilayah Berbah, Sleman. Dengan modus tersebut, seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Tegal berinisial NP (33) menipu sejumlah orang sehingga meraup untung diduga hingga ratusan juta rupiah.

Kapolsek Berbah Kompol Eko Wahyu didampingi Kanit Reskrim Iptu Isnaini menjelaskan, salah satu korban adalah N, warga Berbah Sleman. Kepada korban, pelaku menjanjikan dapat membantu mencarikan pinjaman kredit di bank tanpa agunan sebesar Rp 1 miliar. “Pelaku memberi syarat, yakni korban harus membayar sejumlah uang sebagai biaya administrasi. Tanpa curiga, korban yang saat itu memang sedang membutuhkan uang untuk mengembangkan usaha, langsung menerima tawaran pelaku,” ungkap Kapolsek dikonfirmasi, Selasa (4/8/2021).

Korban menyerahkan uang secara tunai yang dibayar bertahap, sehingga total yang dikeluarkan sebesar Rp 39,2 juta. Uang itu, diberikan kepada pelaku kurun waktu 14 Agustus 2020 hingga Mei 2021. Namun saat waktu yang dijanjikan, pinjaman di sebuah bank swasta seperti yang dijanjikan oleh pelaku, tidak cair. Bahkan pelaku yang merupakan ibu dari dua anak ini juga sulit dihubungi, sehingga korban melaporkannya ke Mapolsek Berbah.

Iptu Isnaini, kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku saat berada di daerah Seturan Depok Sleman. Saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya sehingga langsung dibawa ke Mapolsek Berbah untuk di mintai keterangan dan di proses lebih lanjut.

BERITA REKOMENDASI