Menyaru Sebagai Petugas PLN, Komplotan Pencuri Dibekuk Polisi

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Menyaru sebagai petugas PLN, komplotan pencuri gasak perhiasan serta uang tunai belasan juta rupiah. Namun dalam hitungan hari saja, sebanyak lima anggota komplotan tersebut sudah berhasil dibekuk di dua tempat terpisah.  

Dari informasi yang dihimpun, pada Sabtu (3/3/2018) pekan lalu, korban, warga Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolalil, didatangi dua laki-laki yang berbaju petugas PLN mengaku sebagai petugas PLN. Salah satu pelaku lalu mengajak korban mengecek meteran listrik. Saat mengecek meteran, satu pelaku lain menyelinap masuk rumah.  

Setelah beberapa lama, pelaku yang mengajak mengecek meteran listrik pergi sebentar, alasannya untuk sarapan. Namun saat korban masuk ke rumah, ia mendapati kondisinya sudah acak-acakan. Dua pasang anting emas dan satu pasang anting mutiara, dua liontin, dan uang tunai sebesar Rp10,9 juta raib. Tersadar bahwa orang yang mengaku petugas PLN tadi adalah pencuri, korban lalu melapor ke polisi.  

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, Rabu (7/3/2018) menjelaskan, begitu mendapat laporan, Tim Sapu Jagad Resmob Polres Boyolali langsung melakukan penyelidikan dan langsung berhasil mengungkap dan mengamankan komplotan pelaku pencurian, beberapa hari saja setelah kejadian. Pelaku berjumlah lima orang, yakni Sastrawi (40), Salinilman (35), Febri Putra (37), ketiganya warga Surabaya, Indrayana (43), warga Bandung, serta Sidiq (32), warga Wonogiri.
Para pelaku dibekuk di dua lokasi berbeda, yakni di Wonogiri dan Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. "Dari pengakuannya, para pelaku sudah melakukan dua kali wilayah Boyolali Kota," terang Kapolres.

Selain para tersangka, petugas juga mengamankan berbagai barang bukti, diantaranya dua unit sepeda motor serta satu lembar baju PLN yang digunakan pelaku untuk mengelabui korban.

Sementara itu Kasatreskrim AKP Willy Budiyanto menambahkan, dalam pengembangan kasus, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak PLN dan mendapati ada kejadian serupa di wilayah lain, dimana modusnya ada orang yang mengaku-aku sebagai petugas PLN, namun malah melakukan pencurian. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI