Modus Investasi Percetakan, Sepasang Kekasih Gelapkan Uang Rp 2,6 Miliar

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Jajaran Kepolisian Resort Sleman mengamankan sepasang kekasih Etika Yudi Setiowati (38) dan RM Andhika Ardhanariswara (41) yang dilaporkan melakukan tindak penipuan investasi bodong berkedok percetakan. Keduanya berhasil ditangkap di kawasan Kalasan yang juga merupakan lokasi percetakan, Selasa (23/8/2016) lalu.

Kapolres Sleman, AKBP Yuliyanto kepada wartawan dalam temu pers di Mapolres Sleman Kamis (25/8/2016) mengatakan pihaknya menerima laporan tindak penipuan dari 26 orang korban pada 16 Agustus lalu. Anggotanya kemudian melakukan penelusuran dan akhirnya berhasil menangkap keduanya tujuh hari berselang.

"Sebelumnya ada laporan masyarakat yang ditipu investasi percetakan semacam advertising. Mereka dijanjikan keuntungan 10 persen sebulan dan ada yang investasi hingga 450 juta tapi ternyata hingga batas waktunya tidak ada keuntungan yang dijanjikan," ungkapnya.

Dari data yang dikumpulkan polisi tercatat lebih dari Rp 2,6 miliar kerugian yang diderita para korban penipuan tersebut. "Tersangka mengaku hampir Rp 8 miliar malah tapi bukti yang kami dapat baru sekitar Rp 2,6 miliar," imbuhnya.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Sepuh Siregar menambahkan kedua tersangka memiliki peran tersendiri dalam menjalankan kegiatan tersebut. "Yang laki-laki tugasnya menarik investor, istilahnya marketing dan perempuannya mengelola, sudah sejak 2015 lalu mulai melakukan praktek tersebut," terang Sepuh.

Kini kedua pasangan yang ternyata bukan suami istri tersebut terpaksa mendekam di sel Mapolres Sleman untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Keduanya dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan diancam hukuman 4 tahun penjara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI