Motor Pedagang Dibawa Lari Kenalan Baru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Dapat kenalan baru, Apri Nugroho (37) warga Bumijo, Jetis, Yogyakarta malah harus kehilangan sepeda motor miliknya. Pedagang pasar ini menjadi korban penipuan yang dilakukan AT (37) asal Kebumen Jawa Tengah (Jateng). Pelaku sempat beberapa hari buron dan akhirnya berhasil ditangkap di Purworejo Jateng.

Korban kenal dengan tersangka beberapa bulan lalu di tempat jualannya kawasan Pasar Pingit Yogyakarta. Tersangka mengaku berasal dari Jawa Timur (Jatim) dan masih satu daerah dengan korban.

Merasa berasal dari daerah yang sama, keduanya langsung dapat cepat akrab. Korban kemudian mengajak pelaku untuk mampir dan menginap di tempat tinggalnya.

Keesokan harinya korban melakukan aktivitas di pasar, sedangkan kenalan barunya itu ditinggal di rumah. Siang hari saat pulang ke rumah keduanya kembali ngobrol-ngobrol dan kemudian korban menawarkan hand phone kepada tersangka dengan harga murah.

Pelaku tertarik dengan penawaran tersebut. Ia kemudiam berpura-pura meminjam motor Honda Supra Fit AB-5114-W milik korban sambil membawa ponsel yang akan dibelinya itu untuk mengambil uang di ATM. Lama ditunggu ternyata korban tak kunjung datang, sadar telah ditipu akhirnya korban melaporkan peristiwa yang dialaminya itu kepada Polisi.

"Setelah melakukan penyelidikan ternyata diketahui tersangka lari ke Purworejo. Kami segera berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka," ungkap Plt Kapolsekta Jetis, Kompol Agus Setyabudi kepada KRjogja.com, Senin (22/08/2016).

Jajaran Unit Reskrim yang dipimpin Aiptu Agung 'Chomo' segera melakukan pengejaran ke Purworejo. Setelah beberapa hari melakukan pencarian akhirnya tersangka berhasil ditangkap petugas di tempat persembunyiannya kawasan Butuh Purworejo.

Dari tangan tersangka, petugas berhasil menemukan satu unit motor milik korban dan ponsel yang tak jadi dibelinya. Pelaku langsung digelandang menuju Polsekta Jetis untuk proses penyidikan, kepada petugas ia mengaku melakukan aksinya itu karena sedang butuh uang. (Van)

BERITA REKOMENDASI