Ngaku Karyawan PT Taspen, Kuras Perhiasan Milik Seorang Pensiunan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Penipu gentayangan mengaku sebagai karyawan PT Taspen  dengan sasaran para  pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN)  kembali menimpa  Ny Sinem Hadi Sukamto  (85)  warga  Desa  baleharjo, Kecamatan Wonosari  Senin  (16/12/2019). Dengan berdalih pengisian data dan pergantian  kartu pensiun  korban  kehilangan  sejumlah perhiasan emas  dengan kerugian total mencapai Rp 30 juta. Perkara ini sudah ditangani Polsek Kecamatan Wonosari. Barang-barang yang hilang  terdiri Kalung 30 gram, gelang 20 gram, 2 anting berlian,  2 Cincin  masing-masing  7 gram dan  Uang tunai Rp 750.000. 

“Laporan sudah diterima Polsek Wonosari dan sudah dilakukan pengejaran,” kata  Brigadir Aris Babinkamtibmas  Polsek Wonosari Senin (16/12/2019). 

Informasi di lokasi kejadian menyatakan, peristiwa tersebut berawal   pada Senn  (16/12) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu  korban  kedatangan  dua orang tamu yang mengaku  petugas  PT Taspen  Yogyakarta.Kedatangan lelaki tersebut  menyampaikan maksudnya untuk mengganti Kartu  Induk  Pensiun (Karip)  milik korban. Sebagai biaya pergantian  pelaku meminta  korban  menyerahkan  uang  sebesar  Rp 1 juta, tetapi hanya diberi Rp 750 ribu .

Tanpa menaruh curiga, korban  memenuhi permintan  pelaku  dengan mencuci tangan  untuk dilakukan perekaman sidik jari yang katanya  dengan aplikasi berbasis online. Adapun tas milik korban ditaruh di ruang tamu, namun begitu korban ingin melakukan perekaman, ternyata kedua pelaku sudah kabur dengan membawa tas berisi perhiasan dan uang tunai senilai Rp 30 juta. 

“Upaya pencarian di sekitar rumah sudah dilakukan dan ternyata kedua pria tak dikenal tersebut sudah kabur,” imbuhnya.

Begitu melakukan pengecekan ternyata  tas miliknya berisi uang  dan sejumlah peerhiasan sudah tidak ada. Korban bersama saksi Cipto (65) warga Desa Baleharjo, selanjutnya melaporkan kejadian ini ke Polsek Wonosari, Gunungkidul.  Kejadian ini sudah ditangani Satreskrim Polres Gunungkidul.(Bmp)  

BERITA REKOMENDASI