Ngaku Tak Niat Mencuri Tapi Sangu Kunci Palsu

CILACAP, KRJOGJA.com – Mengakunya tidak ada niatan mencuri, tetapi ternyata
sudah mempersiapkan diri dengan membuat kunci motor duplikat. Sehingga Mu alias Galih Pratama (29) tersangka pencurian sepeda motor warga RT07 RW01 Desa Mentasan Kecamatan Kawunganten, Cilacap dengan mudah membawa kabur sepeda motor  vario 110 warna abu abu tahun 2017, nopol  R 4950 MN, milik Akan Pangestu warga Jalan A Yani RT02 RW 04 Desa Gandrungmangu Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap.

"Jumat lalu, sekitar pukul 06.00, korban yang kost di Jalan Duren Cilacap dibuat kaget, karena ketika hendak berangkat kerja diketahui sepeda motor miliknya yang diparkir tempat kost telah raib,"ujar Kasat Reskrim AKP Ongko Gradiarso Sukahar didampingi Kapolsek Cilacap Selatan Bambang Ismanto, Senin (09/09/2019).

Kemudian korban berupaya menanyakan ke pemilik kost, siapa tahu melihat siapa yang mengambil sepeda motor miliknya. Namun demikian, pemilik mengaku tidak tahu, hanya saja sepengetahuannya sebelum jam enam pagi, sepeda motor korban masih terparkir di sekitar tempat parkiran. Karena merasa sepeda motornya dicuri orang, maka segera melapor ke Polsek Cilacap Selatan.

Kapolsek Cilacap Selatan, AKP Bambang Ismanto mengatakan, setelah kanit Reskrim dan anggotanya  mengecek rekaman CCTV yang dipasang di lokasi kos-kosan itu, diketahui ada seorang laki-laki yang membawa kabur sepeda motor korban. "Setelah meminta keterangan sejumlah saksi, diketahui lak-laki yang ada di rekaman CCTV itu dikenali Mu alias Galih Pratama yang kos di rumah sebelah,"katanya.

Selanjutnya, unit reskrim Polsek Cilacap Selatan melacak keberadaan tersangka Mu dan saat itu diketahui berada di daerah Binangun  untuk menjual sepeda motor hasil curiannya. "Kami langsung kejar kesana, dan berhasil menangkapnya sebelum tersangka
sempat menjual sepeda motor curiannya, "lanjutnya.

Tersangka juga mengakui sebelum mencuri sepeda motor korban, terlebih dulu membuat kunci kontak duplikatnya sehingga sewaktu-waktu dapat digunakan untuk mencuri sepeda motor korban.

Terkait tindak kejahatannya, tersangka Mu dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.(Otu)

BERITA REKOMENDASI