Ngaku Wartawan, JB Gondol Laptop

SLEMAN, KRJOGJA.com – Polsek Depok Timur, Sleman mengamankan JB (35), atas kasus pencurian dan pemberatan karena kedapatan mencuri barang elektronik. Pelaku melancarkan aksinya dengan modus mengaku sebagai wartawan.

"Saat itu pelaku hendak mencuri di kos wilayah Maguwoharjo, dia datang ke TKP sendirian dengan menggunakan sepeda motor.
Untuk melancarkan aksinya pelaku menyamar sebagai wartawan gadungan," kata Kapolsek Depok Timur, Kompol Paridal di Mapolsek Depok Timur, Senin (29/07/2019).

Menurutnya, peristiwa pencurian yang dilakukan JB terjadi pada Rabu (24/07/2019). Adapun sasaran dari pelaku adalah barang elektronik laptop dan ponsel. Sialnya, saat itu aksinya langsung kepergok warga.

"Saat hendak mencuri, JB dipergoki oleh warga setempat, karena ketahuan dia mengaku sebagai wartawan sedang mencari berita," ucapnya.

Warga yang tak percaya, lanjut Paridal, langsung melaporkan peristiwa tersebut ke petugas kepolisian setempat, tak lama kemudian polisi mendatangi TKP dan mengamankan pelaku. 

"Anggota langsung ke TKP dan kita amankan. Didapati ada sebuah laptop hasil curian di tas ranselnya. Sementara seragam dan id card wartawan sebagai modus untuk mengelabuhi saksi atau korban," ungkapnya.

Berdasarkan pengakuannya saat diintrogasi, JB mengaku telah beraksi di dua lokasi yang berbeda. Dia menjalankan aksinya seorang diri dengan sasaran tempat kos. 

"Pelaku ternyata sebelumnya berhasil mengambil di satu tempat. Hasil curiannya dimasukan ke dalam tas punggungnya dan mencari sasaran lagi ke tempat lain," jelasnya.

Dari tangan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti dua buah laptop hasil curian, satu tas ransel dan satu unit sepeda motor sebagai sarana untuk menjalankan aksinya.

Paridal menambahkan, saat dilakukan pengembangan, pelaku berusaha melarikan diri sehingga harus dilumpuhkan petugas dengan tembakan di kaki kiri. Saat ini pihak kepolisian masih mendalami kasus tersebut. (Ive)

BERITA REKOMENDASI