Nyabu di Ruang Karaoke, Wac Ditangkap Polisi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemuda berinisial Wac (27) warga Desa Warurejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun Jawa Timur, ditangkap Satnarkoba Polres Purworejo. Marketing perusahaan transportasi itu nekat mengonsumsi sabu di tempat karaoke Desa Seren, Kecamatan Gebang. 

Penangkapan pelaku bermula dari kegiatan operasi narkoba di sejumlah karaoke di Purworejo. “Ketika datang ke karaoke di Seren, kami lakukan tes urin terhadap 15 orang terdiri pemilik, pekerja dan pengunjung karaoke. Hasilnya satu positif sabu, atas nama Wac,” ujar Kapolres Purworejo AKBP Indra Kusuma Mangunsong SH SIK MM, kepada KRJOGJA.com Jumat (4/1/2019). 

Polisi melakukan penggeledahan terhadap pelaku. Petugas menemukan barang bukti berupa plastik klip dan pipet kaca yang mengandung sabu. Selain itu, sedotan plastik, korek api dan tutup botol parfum ditemukan dari tas bawaan pelaku. 

Petugas mengetes zat sisa dalam plastik dan pipet dan dipastikan adalah sabu. “Hasil tes dan barang bukti cukup, sehingga pelaku kami tetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan,” ungkapnya. 

Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 112 subsider Pasal 127 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Pelaku terancam hukuman penjara paling lama 15 tahun. 

Sementara itu, tersangka Wac mengaku mengonsumsi narkoba sejak enam bulan terakhir. Sabu dipilih karena dianggap bisa menghilangkan kantuk. “Saya tahu dan mengaku salah, pakai sabu untuk doping. Saya kerja keliling kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk menjual alat transportasi,” tuturnya. 

Wac mengaku barang haram tersebut diperoleh dari temannya di wilayah Ngawi Jawa Timur. “Tidak beli, hanya diberi sabu sisa pakai teman saya,” katanya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI