Nyala Lilin Bakar Rumah

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Kebakaran melanda rumah milik Agus Sumarso (36), warga Pancot Lor RT.01/RW.05 Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu, Jumat (26/08/2016) malam. Api lilin menyambar bahan mudah terbakar di rumah itu saat pemiliknya pergi.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto mengatakan kebakaran kali pertama justri dilaporkan tetangga korban. Saat itu, Agus pergi ke rumah kerabatnya untuk sekadar mengobrol dan menghabiskan waktu sambil menanti listrik menyala.

Ia pun meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong. Namun korban lupa belum mematikan lilin yang dinyalakannya di bagian dapur, kebetulan listrik di perkampunyan itu padam sejak pukul 18.00 WIB. "Dia (korban) niatnya pergi sebentar. Dia lupa meninggalkan lilin menyala," kata Kapolsek kepada KRjogja.com, Sabtu (27/08/2016).

Nyala api dari pelita itu menyambar kain gorden kemudian merembet ke bagian atap. Api juga membakar pintu, kusen dan tempat tidur berbahan kayu. Tetangga korban bernama Indri Supriyanti (32) dan Larni (36) meminta pertolongan warga sekitar kemudian diteruskan ke BPBD Karanganyar dan Polsek Tawangmangu.

"Baru diketahui pukul 20.30 WIB. Sebanyak dua mobil pemadam Karanganyar diperbantukan. Juga sukarelawan kebencanaan turut berjibaku memadamkan api. Berhasil dipadamkan pukul 22.00 WIB," katanya.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun pemilik rumah harus tinggal sementara ke rumah tetangga untuk sementara waktu sambil memperbaikinya. Kerusakan rumah mencapai 50 persen lebih dengan nilai kerugian Rp 50 juta. (M-8)

BERITA REKOMENDASI