Oknum Prajurit TNI Curi Kotak Amal untuk Sangu Mudik

Editor: Ivan Aditya

GROBOGAN, KRJOGJA.com – Mengaku kehabisan uang, Yon Maryono (37) oknum anggota TNI AL berpangkat Koptu warga Gondang RT 4/1 Tegalgondo Karangploso Kabupaten Malang Jawa Timur, nekat mencuri kotak amal Masjid Mutaqin Tegowanu Grobogan, Sabtu (24/06/2017) dini hari. Namun sayang, aksinya itu ketahuan warga dan langsung diringkus.

Pelaku yang mengaku bertugas sebagai staf Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Komando Armada RI Kawasan Timur (Kormatim) ini kini masih dalam pemeriksaan POMAL Semarang. “Guna pengusutan lebih lanjut, pelaku kami serahkan ke POMAL Semarang,” ungkap Kapolsek Tegowanu AKP Bambang usai memeriksa pelaku.

Menurut informasi, aksi yang dilakukan pria bertubuh kurus ini terjadi sekitar pukul 00.45 WIB. Pagi dini hari itu, pelaku masuk masjid lalu mengambil air wudhu. Usai salat malam, seorang warga melihat pelaku duduk di serambi masjid dengan gerak-gerik mencurigakan.

Tidak lama kemudian, pelaku berdiri mendekati kotak amal masjid yang terletak di pintu tengah. Awalnya saksi mengira pelaku akan mengisi uang ke dalam kotak, namun ternyata ia membuka paksa kunci kotak. Seketika saksi menghubungi beberapa warga lalu meringkus untuk diserahkan ke Polsek.

“Karena yang bersangkutan mengaku anggota TNI dan bisa menunjukkan KTA, petugas kemudian berkoordinasi dengan Koramil. Untuk memastikan kebenarannya, kami juga menghubungi POMAL Semarang. Ternyata benar dan pelaku sudah enam bulan melarikan diri dari kesatuannya atau desersi karena masalah keluarga,” terang Bambang.

Tidak lama setelah dimasukkan ke sel tahanan, pelaku sempat melarikan diri ke arah jalan raya Purwodadi-Semarang, sehingga terjadi kejar-kejaran dengan petugas. Dengan dibantu warga dan petugas Koramil akhirnya oknum prajurit tersebut berhasil diringkus. (Tas)

BERITA REKOMENDASI