Operasi Keselamatan Progo 2018 Dimulai, Ini Sasarannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Polda DIY memulai Operasi Keselamatan Progo Senin (5/3/2018) guna menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas sekaligus meningkatkan kesadaran para pengendara kendaraan bermotor khususnya di wilayah hukum Polda DIY. 

Di Kota Yogyakarta, operasi dimulai di beberapa titik yang menjadi Kawasan Tertib Lalu-Lintas (KTL) seperti Jalan Marga Utama dan Jalan Malioboro. Polisi melakukan tindakan preemtif dan preventif pada para pengendara yang melintas di simpang empat Tugu Pal Putih, sementara di Jalan Malioboro, polisi dari Polresta Yogyakarta menertibkan becak motor (betor) agar tak parkir di KTL. 

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo mengatakan pihaknya memang mengedepankan tindakan pencegahan pelanggaran dalam operasi kali ini. Namun demikian, polisi tak menutup kemungkinan melakukan tindakan tegas pada para pengendara yang melanggar lalu-lintas. 

“Kita kedepankan tindakan yang sifatnya teguran dan himbauan di mana sasaran utama wilayah KTL di Kota Yogyakarta. Namun bila ada pelanggaran kasat mata tetap kami lakukan penindakan dengan penilangan,” ungkapnya. 

Di kawasan Malioboro polisi dari Satlantas Polresta menertibkan betor yang parkir di sepanjang kawasan tersebut. Polisi juga menilang kendaraan yang melanggar arah di sirip-sirip Malioboro. 

“Kami lakukan penindakan pada pengendara tadi cenderung yang melawan arah atau contra flow karena berpotensi memicu laka. Untuk betor kami himbau untuk tidak parkir di KTL karena kendaraan tersebut tak sesuai spesifikasi,” ungkapnya lagi. 

Operasi Keselamatan Progo 2018 bakal dilaksanakan hingga 21 hari kedepan. Polisi berharap pengendara menaati peraturan lalu-lintas dan melengkapi diri dengan syarat berkendara saat bepergian baik jauh atau dekat sekalipun. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI