Oven Picu Kebakaran di Gudang Kayu

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Gudang pengolahan kayu berikut sarana dan bahan bakunya terbakar di Dusun Suwareng Rt 03/Rw II Desa Tuggulrejo, Jumantono, Selasa (08/05/2018). Kerugian materi ditaksir ratusan juta rupiah.

Kapolsek Jumantono, AKP Sutami mengatakan kebakaran dipucu pengoperasian oven tungku kayu yang lepas dari pengawasan. Diduga terlalu lama ditinggal, panas dari oven yang menyala menyulut timbulnya bara api di tumpukan kayu di dekatnya.

“Kebakaran ini cukup besar, sampai mendatangkan mobil pemadam dari Karanganyar dan Solo. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugiannya yang cukup fantastis,” kata Kapolsek.

Penanggung jawab gudang bernama Setu (40) merupakan orang pertama yang menyaksikan kebakaran. Niatan mengeringkan kayu, ternyata berbuntut petaka. Kayu-kayu yang seharusnya hanya dikeringkan dengan pemanas oven, malah membara. Setelah meyakini gudangnya terbakar, ia kemudian menghubungi pekerja lain bernama Pardi (35) agar mencari bantuan. Ia juga melaporkannya ke pemilik gudang bernama Samroh (47).

Selang beberapa saat, meluncur tiga unit mobil Damkar dan satu unit mobil tangki air BPBD ke lokasi. Disusul tiga unit lagi mobil pemadam dari Pemkot Solo. Pemadaman api berlangsung sampai beberapa jam. Dirasa sudah terkondisikan, petugas pemadam kebakaran meninggalkan lokasi pukul 09.30 WIB. (Lim)

BERITA REKOMENDASI