Palsukan Sertifikat Tanah, Wanita Cantik Ini Raup Rp 700 Juta

SALATIGA, KRJOGJA.com – HN (35) alias Nora perempuan cantik warga Kampungrapet, Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang diringkus aparat kepolisian Polres Salatiga. Ia memalsukan sertifikat tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Salatiga atas nama Yusak Sadikun warga Salatiga lalu dijual kepada orang lain. Tersangka meraup uang Rp 700 juta. 

Kapolres Salatiga, AKBP Gatot Hendro Hartono pada gelar kasus ini, mengatakan tersangka ini memalsukan sertifikat tanah dan memesan pembuatan sertifikat di Semarang yang seolah-seolah asli lalu tanah itu dijualnya kepada korban. 

“Dalam aksinya ini tersangka meraup keuntungan Rp 700 juta. Kami masih mendalami pihak lain yang diduga terlibat dan menunggu beberapa korban yang dimungkinkan akan melaporkan kepada kami atas ulah tersangka ini,” tandas AKBP Gatot Hendro Hartono kepada KRJOGJA.com, Kamis (15/08/2019).

Kapolres menambahkan warga agar hati-hati ketika memberikan dokumen meskipun foto copy karena bisa dipalsukan seperti ini. 

Tersangka menuturkan dirinya memesan dibuatkan sertifikat tanah persis yang dikeluarkan oleh BPN Salatiga. “Saya membayar pembuatan sertifikat di Semarang dengan membayar Rp 150 juta. Uang yang saya dapat dari korban si pembeli tanah yang dokumennya saya palsukan, sebesar  Rp 700 juta. Habis kebutuhan sehari-hari,” tutur tersangka di Polres Salatiga. (Sus)

BERITA REKOMENDASI