Palsukan Tandatangan Tetangga untuk Ajukan Pinjaman

SLEMAN, KRJOGJA.com – Petugas Unit Ranmor Satreskrim Polres Sleman dipimpin Ipda Lili Mulyadi, mengamankan S (47). Pria asal Gunungkidul itu ditahan karena melakukan penipuan dengan modus memalsukan surat untuk pengajuan kredit fiktif.

Tak tanggung-tanggung, dalam melakukan aksinya, S menggunakan KTP milik tetangganya, Juminem. Kasat Reskrim Polres AKP Rony Prasadana SIK mengatakan, saat beraksi, S merupakan Marketing Kredit Executife (MCE) di sebuah perusahaan ‘leasing’. Tugasnya, mencari nasabah sekaligus melakukan survey kepada calon debitur. Tersangka, kemudian mengajukan beberapa nama, termasuk Juminem dengan pinjaman Rp 9.020.000 dengan jaminan sepeda motor Honda Nopol AB 3273 FM.

Dengan pinjaman sebesar tersebut, cicilan yang harus dibayarkan sebesar Rp 670 ribu perbulan selama dua tahun. Namun mulai April 2021, debitur atas nama Juminem tidak melakukan pembayaran, sehingga perusahaan melakukan pengecekan. “Ternyata, atas nama Juminem tidak pernah melakukan pinjaman dan kendaraan yang di jadikan anggunan tidak ada. Setelah dilaporkan, kami melakukan penyelidikan dan ternyata S telah memalsukan surat untuk keperluan pencarian uang atas nama Juminem. Padahal, Juminem tidak pernah pinjam uang,” tandas Kasat Reskrim, Selasa (26/10/2021).

BERITA REKOMENDASI