Pemain Debus Pesta Sabu di Dekat Sarkem

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Tiga orang pemain debus ditangkap Polisi setelah mengelar pesta sabu di sebuah cafe kawasan Gedongtengan tak jauh dari komplek Pasar Kembang (Sarkem) Yogyakarta. Dari empat pelaku, tiga orang berhasil ditangkap sedangkan seorang lainnya melarikan diri saat penggerebekan. Kendati dari tangan tersangka tak ditemukan barang bukti sabu, namun hasil tes urin ketiganya menunjukkan positif usai mengkonsumsi narkoba.

Kasat Resnarkoba Polresta Yogyakarta, Kompol Sugeng Riyadi mengungkapkan, para pelaku terdiri dari RE (21), FR (41), SR (41) dan ID (35) merupakan pemain debus yang sering mengadakan pertunjukan di berbagai daerah. Sebelum singgah di Yogyakarta, mereka sempat menggelar pertunjukan di Wonogiri Jawa Tengah (Jateng).

Saat berada di Yogyakarta, keempat pelaku mampir di sebuah cafe dan menggelar pesta sabu. Setelah puas pesta barang haram, tiga orang kemudian pergi dan hanya RE yang masih berada di tempat hiburan tersebut.

“Saat petugas melakukan razia mendapati tersangka dalam kondisi mabuk. Saat melakukan penggeledahan anggota berhasil menemukan alat hisap yang masih terdapat sisa sabu di dalamnya,” ungkap Sugeng Riyadi didampingi Kasubag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Cherli Evi saat gelar barang bukti di mapolresta setempat, Selasa (06/09/2016).

Saat Polisi melakukan pemeriksaan, sampel urin dari RE menunjukan positif usai mengkonsumsi narkoba. Kepada petugas, RE mengaku usai melakukan pesta sabu bersama tiga orang temannya. Polisi kemudian memburu pelaku lain dan berhasil mengamankan RE, FR, SR di kawasan Depok Sleman, sementara ID berhasil kabur saat pengerebekan.

Selain menyita barang bukti alat hisap, petugas juga mengamankan satu unit mobil yang digunakan para tersangka serta beberapa perlengkapan yang digunakan untuk atraksi debus, termasuk juga seekor ular. Keempat tersangka akan dijerat pasal 112 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman kurungan penjara selama 12 tahun. (Van)

BERITA REKOMENDASI