Pembunuh Nenek dan Cucu Dituntut Hukuman Mati

PURBALINGGA, KRjogja.com – Terdakwa kasus pembunuhan, Amin Subechi alias Amin (26) dituntut hukuman mati, pada persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga, Senin siang (11/11). Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan, perbuatan terdakwa mengakibatkan penderitaan yang mendalam bagi keluarga korban dan menimbukan keresahan yang meluas dalam masyarakat.

“Terdakwa juga berbelit-belit selama proses persidangan. Dan tidak ada hal yang meringankan,” tutur Jaksa Masmudi SH dalam dakwaannya.

Mendengar tuntutan JPU, terdakwa Amin tertunduk pucat. Sementara, ratusan warga Kelurahan Kalikabong yang sejak pagi berorasi di halaman gedung PN menyambutnya dengan sorak sorai.

“Kami puas dengan tuntutan jaksa dan berharap Majelis Hakim mengabulkan tuntutan agar terdakwa divonis hukuman mati,” tutur Tri Haryanto, salah seorang keluarga korban.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hanani Sulma Mardiyah  (23) dan neneknya Eti Sularti (70) ditemukan tewas dengan luka gorok di leher mereka, pada Rabu siang (11/1). Selang sehari, petugas Satuan Reskrim Polres Purbalingga menangkap Amin Subechi tersangka pelaku yang kabur dan bersembuny di Bogor.

Dari pemeriksaan terungkap motif pembunuhan itu berlatarbelakang asmara. Korban Hanani memutuskan hubungan mereka. Amin berusaha mendekati dan merayu korban agar 'nyambung' kembali.

Pada Senin pagi (11/1), Amin mendatangi rumah korban di Kelurahan Kalikabong Kalimanah. Setelah sempat berbincang di teras rumah, Hanani kembali menegaskan hubungan mereka sudah habis. Hanani mengucapkan hal itu sembari masuk ke dalam rumah.

Amin yang kesal menyusul masuk dan mendorong korban hingga terjatuh di kamar korban. Mendengar suara gaduh, Eti Sularti yang tengah berada di dapur bergegas menuju ke kamar cucunya.

Di ruang depan, Eti dihadang oleh Amin yang langsung mendorong perempuan tua itu hingga jatuh telentang. Amin juga menginjak leher korban. Sesaat kemudian, Amin mengambil pisau dari tas ransel yang ditaruh di teras rumah. Dengan pisau itu, Amin menggorok leher Eti dan Hanani. (Rus)

 

BERITA REKOMENDASI