Pemuda ‘Ngutil’ Komik di Toko Buku

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seorang pemuda kepergok mengutil komik di sebuah toko buku kenamaan yang terletak Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (22/09/2017). Dengan menyamar sebagai pembeli, SP (28) warga Palembang Sumatra Selatan (Sumsel) berpura-pura membaca lalu saat penjaga toko lengah ia mamasukan komik-komik ke dalam tas miliknya. Tak hanya buku bacaan saja, pelaku juga mengambil beberapa benda yang dijual di toko tersebut seperti spiner, spiker aktif maupun senter laser hingga total harga barang yang dicurinya mencapai Rp 1.728.500.

Aksi pencurian ini berhasil diketahui oleh petugas keamanan toko yang curiga dengan gerak-gerik tersangka. Awalnya pelaku masuk ke dalam toko sendiri dan langsung menuju ke counter calibre, selang beberapa saat kemudian tersangka membawa tas berwarna hitam dan terlihat mondar-mandir di sekitar pintu keluar.

Pelaku kembali masuk lagi ke dalam toko dan menuju ke counter mainan dan mengambil spinner. Satpam toko yang curiga langsung mendatangi pemuda tersebut dan memintanya untuk ikut ke pos keamanan.

Saat dilakukan penggeledahan petugas berhasil menemukan dua buah komik, spiner, tiga tas, spiker aktif dan beberapa barang lain yang dijual di toko tersebut. Petugas keamanan toko kemudian melaporkan kejadian tersebut dan menyerahkan tersangka kepada petugas Polsekta Gedongtengen.

Kapolsekta Gondokusuman, Kompol Solichul Ansor di ruang kerjanya, Jumat (22/09/2017) mengungkapkan, saat diintrogasi satpam toko tersangka mengaku memang sengaja mengambil barang-barang tersebut dan tidak akan membayarnya. Namun saat hendak dibawa ke kantor Polisi tersangka ketakutan dan akhirnya bersedia membayar seluruh barang yang telah diambilnya itu.

"Masalah tersebut telah berhasil diselesaikan dengan adanya kesepakatan antara pihak korban dan tersangka. Yang bersangkutan akhirnya bersedia membayar seluruh barang yang diambilnya," ungkap Solichul Ansor. (Van)

BERITA REKOMENDASI