Penipu Asal Bantul Gelapkan Sepeda Motor

PATI,KRJOGJA.com –  AP  (37), penduduk Ngajaran Sidomulyo Kecamatan Bambang Lipuro, Bantul mendekam di sel tahanan Polsek Juwana. Dia diduga  menggelapkan dua sepeda motor milik Rayikno (47) warga Desa Genengmulyo Kecamatan Juwana Pati.

Operasi penangkapan dilakukan Unit Reskrim Polsek Juwana dibantu Intelmob Polda DIY di daerah dekat Bandara Adisutjipto Yogyakarta ketika tersangka hendak menjual barang hasil kejahatannya. Dalam menjalankan modus kejahatanya, diduga tersangka bekerjasama dengan pelaku kejahatan lain yang berasal dari Pati.   

“Tersangka AP  akan dijerat pasal 378 KUHP subsidair 372 KUHP dengan pidana penjara paling lama empat tahun,” kata Kapolsek Juwana, AKP Hj Sumarni, Selasa (9/5/2017).

Diungkapkanya mengenai kasus yang melibatkan AP  berpura-pura akan membeli sepeda motor dengan harga Rp. 44,5 juta. Untuk memberi kepercayaan penjual, pelaku lalu memberi uang muka Rp 500 ribu sebagai tanda jadi. Kemudian datang  Z (28) Desa Margomulyo Kecamatan  Tayu  lalu meminjam  STNK dan BPKB motor dengan alasan untuk cek keaslian surat.  

Namun ternyata, ke dua tersangka justru membawa lari dua motor yang akan dibelinya. Sementara Rayikno yang sadar menjadi korban penipuan dengan cepat melapor ke polisi.

Petugas yang mendapat laporan lalu melakukan pengejaran ke daerah Yogyakarta. "Ahirnya berhasil membekuk tersangka AP saat akan menjual motor hasil penipuanya,” ucap AKP Hj Sumarni. ( Cuk ).

BERITA REKOMENDASI