Penipu Jual Beli Online Diringkus Polisi

KLATEN (KRjogja.com) – Gagah Adi Yoga (19) warga Dukuh Plembon, Desa Ketandan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten harus berurusan dengan aparat kepolisian setelah aksi penipuan yang dilakukan di dunia maya terbongkar. Pelaku kini meringkuk di tahanan Mapolsek Klaten Kota, Kamis (1/9/2016).

Informasi yang dihimpun KRjogja.com, aksi penipuan dilakukan pelaku sejak bulan puasa lalu. Penipuan dilakukan dengan modus jual beli handphone melalui media sosial. Untuk mengelabuhi korbannya, pelaku menggunakan identitas KTP fiktif dengan nama Andi Permana beralamat Mandingan, Mayungan, Ngawen, Klaten. KTP itu diperolehnya dari dunia maya.

Kapolsek Klaten Kota, AKP Warsono, mengatakan, pelaku dikenai pasal berlapis, yakni Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman empat tahun penjara dan Pasal 263 tentang Pemalsuan dengan ancaman enam tahun penjara.

Pelaku sempat mengedit KTP itu dengan memasang fotonya sendiri dan mengubah Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dari situ kemudian pelaku memasangnya di media sosial untuk mencari calon korban. Di media sosial itu pelaku menawarkan handphone.

Kepada para calon korban, pelaku mengaku transaksi jual beli hanya dilakukan dengan cara bertemu langsung. Dalam setiap transaksi, pelaku meminta agar uang dibayar dimuka. Sedangkan barangnya dijanjikan esok hari.

Para calon korban baru menyadari menjadi korban penipuan setelah barang yang dijanjikan pelaku tak kunjung dikirim. Beberapa korban sempat mencari pelaku sesuai alamat di KTP, namun tak ditemukan. (M-7)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI