Peran Ormas Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Bersama Aparat

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sinergitas antara organisasi kemasyarakatan (ormas) dengan aparat kepolisian diperlukan dalam menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban. Keamanan serta ketertiban bukan menjadi tanggungjawab aparat saja, namun perlu peranserta seluruh komponen masyarakat di dalamnya.

“Kami mendukung penuh segala upaya dari pemerintah, dalam hal ini bersama Polda DIY untuk menciptakan kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan dan ancaman. Itu semua agar segala kegiatan masyarakat dan pembangunan di Kulonprogo dapat berjalan dengan lancar,” ujar Ketua Brigade Joxzin Kulonprogo, Hari Kurniawan dalam kegiatan silaturahmi bersama Polda DIY di Sekretariat Joxzin Wates, Minggu (16/02/2020) kemarin.

Ia mengatakan, hubungan antara ormas dan kepolisian harus terus terjalin. Ormas sebagai wadah perkumpulan masyarakat dituntut mampun menghadirkan kegiatan yang positif dan bersama aparat menciptakan keamanan.

Hari juga menyampapikan, organisasi yang dipimpinnya dengan tegas menolak adanya tindak kekerasan jalanan yang belakangan ini kembali marak di Yogya. Brigade Joxzin Kulonprogo siap bersama jajaran kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban dimanapun berada.

Selain itu, walaupun Kulonprogo tidak menggelar pilkada pada tahun ini namun peluang dari masyarakat untuk terlibat aktif dalam gegap gempita pilkada di wilayah Sleman, Bantul dan Gunungkidul tetap ada. Hari berharap pesta demokrasi di tiga kabupaten DIY tersebut berlangsung dengan tertib serta aman dan menghasilkan pemimpin pilihan rakyat.

Kanit l Subdit V Ditintelkam Polda DIY, AKP Rusdi menyampaikan terjaminnya kamtibmas dan tegaknya hukum adalah prasyarat mutlak bagi tercapainya tujuan pembangunan. Potensi kekuatan masyarakat, diharapkan mampu menangkal, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum serta bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

“Ajang silaturahmi ini sekaligus guna konsolidasi dan membangun sinergitas. Harapannya mampu bersama-sama membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham serta taat kepada peraturan perundang-undangan juga norma-norma sosial,” ungkap Rusdi didampingi PS Panit III Subdit V Ditintelkam Polda DIY Ipda Rinto. (*)

BERITA TERKAIT