Peritual Tewas Tenggelam di Sungai Gajahwong

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sesosok mayat ditemukan tewas terbawa arus Sungai Gajahwong tepatnya di utara jembatan Gembira Loka Yogyakarta, Jumat (09/03/2018). Saat ditemukan korban yang diketahui bernama Andi Hendro Prabowo (31) warga Sidoarjo Jawa Timur (Jatim) ini dalam kondisi tak berbusana. Diduga korban yang gemar melakukan ritual dan laku batin ini tewas akibat terpeleset saat hendak mandi di Gajahwong

Seperti dikatakan Kapolsekta Umbulharjo Kompol Sutikno, tewasnya korban pertama kali diketahui Supartini (36) warga Sidobali Muja-muju Umbulharjo Yogyakarta. Siang tadi saat duduk di depan rumahnya yang berada tak jauh dari Sungai Gajahwong ia melihat sesosok benda mencurigakan terapung dan terbawa arus kali.

Perempuan ini kemudian menuju ke sungai dan ternyata benda yang dilihatnya tersebut merupakan sesosok tubuh manusia dalam kondisi tertelungkup tanpa pakaian. Ia segera memberitahu tetangganya bernama Bekti Setyo (40) yang kemudian menepikan tubuh korban ke bantaran sungai.

“Anggota yang mendapat informasi langsung menuju ke lokasi. Dari pemeriksaan awal dan visum luar oleh anggota dan tim kesehatan tak ditemukan adanya tanda kekerasan, dugaan sementara korban meninggal dunia karena tenggelam,” ungkap Sutikno.

Dikatakannya korban selama lima terakhir terakhir ini tidur di rumah Bekti Setyo. Sebelumnya pemuda bertato tersebut bertemu dengan Bekti Setyo saat ziarah di makam Syeh Maulana Maghribi kawasan Parangtritis Bantul.

Ketika itu korban mengaku usai menjalani operasi patah kaki di RS Panembahan Senopati setelah terjatuh saat melakukan ritual di Gunung Kelir Pleret Bantul. Pasca operasi korban harus menjalani kontrol rutin di RS Panembahan Senopati sehingga ia belum berkeinginan untuk kembali di Sidoarjo.

Korban saat itu meminta untuk tinggal beberapa hari di rumah Bekti Setyo yang keseharian bekerja sebagai penambang pasir Sungai Gajahwong dan permintaan itu diizinkan. Selama menumpang di rumah tersebut korban tidur di teras depan.

“Korban diduga meninggal dunia akibat terpeleset saat mandi di sungai lalu tenggelam. Kondisi korban yang patah kaki membuatnya sulit untuk menyelamatkan diri saat berada di sungai,” ungkapnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI