Petugas Puskesmas Buang Bayi dari Kamar Mandi

Editor: Ivan Aditya

KUDUS, KRJOGJA.com – Penemuan orok atau jabang bayi lengkap dengan tali pusar di belakang kamar mandi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sidorekso Kecamatan Kaliwungu Kudus akhirnya terkuak. Ibu bayi mungil tersebut diduga orang dalam sendiri, petugas Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) UPT Puskesmas setempat.

Ibu dan bayi hidup tersebut hingga Sabtu (03/03/2018) masih di rawat di RSUD dokter Loekmono Hadi Kudus. Bayi tersebut ditemukan petugas kebersihan Puskesmas bernama Kusrin dan Tumaidi, Kamis (01/03/2018) sekitar pukul 16.30 WIB.

Saat ditemukan belum diketahui siapa orang tuanya, belakangan terungkap ibu bayi diduga Dw (23) warga Jekulo Kudus. Informasi yang dihimpun KRJOGJA.com menyebutkan, temuan jabang bayi dikaitkan dengan seorang petugas Puskesmas yang saat ada penilaian akreditasi meminta izin ke kamar mandi sekitar pukul 10.30 WIB.

Saat keluar kamar mandi wanita itu terlihat lemas dan di dalam kamar mandi ditemukan bercak darah. Oleh rekan- rekannya petugas wanita tersebut ditawari periksa di RSUD, awalnya ia menolak dengan meminta diantar di rumah saja namun dengan bujukan rekannya akhirnya bersedia di rawat di RSUD Loekmono Hadi.

Hal cukup mengagetkan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB setelah seorang pekerja Puskesmas menemukan bayi tergeletak di belakang kamar mandi. Temuan itu dilaporkan ke Kepala UPT Puskesmas Sidorekso Sutejo, dan diteruskan ke aparat kepolisian setempat. “Benar ada temuan bayi di tempat kami. Saat ini masih dalam penyelidikan polisi,” ujar Sutejo.

Namun diakui dugaan siapa orang tua bayi mengarah ke Dw. Di dalam kamar mandi dekat jendela lubang angin ditemukan kotoran bayi. Kuat dugaan bayi dikeluarkan melalui jendela tersebut. Temuan itu sepenuhnya sudah diserahkan ke pihak berwajib. (Trq)

BERITA REKOMENDASI